Banggai Festival Ramadhan dan Bukber Akbar Berlangsung Sukses

BANGGAI RAYA- Sabtu, 30 Maret 2024, Bertempat di RTH Teluk Lalong , komunitas group whatsapp (WA) babasal net (netizen) melaksanakan agenda puncak kegiatan Banggai festival ramadhan dan berbuka puasa bersama 1000 umat, yang sebelumnya dalam rangkaian telah dilaksanakan musik street ramadhan dan berbagi takjil di dua titik yakni tugu Adipura kota Luwuk dan tugu titik nol depan Polsek luwuk.

Gelaran kegiatan lomba busana muslim dan pildacil tingkat SD pada Sabtu kemarin melengkapi seluruh rangkaian Banggai Festival Ramadhan (BFR)2024.

Untuk kegiatan pildacil ini dimulai pada pukul 16.00 Wita yang terdiri dari 9 peserta pendaftar, dipandu oleh MC bapak Hendra Saadjad , S.P, M,Si, dengan dewan juri yaitu ustd Ramli Hasan.

Di sela-sela pelaksanaan pildacil, maka dimulai acara pembukaan kegiatan sesuai rundown acara yang telah disusun oleh kepanitiaan. Setelah pembukaan dan sambutan-sambutan kegiatan pildacil dilanjutkan hingga menyelesaikan 9 peserta.

Bupati Banggai yang diwakili oleh staf ahli Mujiono, SH. MH , menyampaikan sambutan Bupati Banggai bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi baik terhadap kegiatan Banggai festival ramadhan dengan tema ” indahnya jalinan ramadhan mempererat ukhuwah persaudaraan “yang dilaksanakan oleh komunitas babasal.net .

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

selanjutnya dalam isi sambutan Bupati Banggai juga mengapresiasi bahwasanya rangkain kegiatan pildacil (pemilihan dai cilik) sesuai dengan semangat visi-misi program pemerintah daerah yaitu Banggai cerdas, sehingga pildacil adalah bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memupuk anak-anak usia dini melalui kegiatan-kegiatan positif dalam rangka meningkatkan kecerdasan anak-anak dan mengajarkan tentang keimanan ketaqwaan kepada anak-anak.

Di akhir sambutan, pemerintah daerah sepenuhnya memberi support dan secara resmi staf ahli Bupati membuka kegiatan Banggai festival ramadhan dan bukber Akbar 1000 umat.

Selanjutnya, setelah lomba pildacil selesai. Dilanjutkan dengan tausiah ramadhan dan doa bersama berbuka puasa yang diisi oleh ustd Muhammad Muadz, Lc. M.Hi.

Acara BFR, dilanjutkan pada malam hari ba’da tarwih , yakni laporan panitia kegiatan dan lomba busana muslim yang diikuti 11 peserta tingkat SD. pada acara lomba busana muslim dipandu oleh dua MC yaitu Akbar Daud bersama Susan suling .

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Ketua panitia Rham Lamato dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu atau berpartisipasi baik dalam bentuk materi, tenaga dan pikiran dalam gelaran kegiatan BFR dan Bukber Akbar 1445 H – 2024 M. ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh peserta lomba yang sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas babasal.net.

Jumlah donasi yang terkumpul semuanya diporsikan dalam kegiatan besar BFR . apalagi menyiapkan 1000 takjil membutuhkan dana yang besar. Sehingga peran panitia sangat berhati-hati dalam bekerja.

Sementara itu koordinator lapangan (Korlap)Herman tope yang biasa disapa Hertop memberikan laporan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan, bahwa kegiatan BFR dan Bukber THN 2024 ini merupakan kegiatan yang bersifat momentual dalam rangka mengisi semarak dibulan suci ramadhan , tujuan nya adalah mempererat silaturahmi dan mengaktualisasikan kepedulian umat muslim dengan harapan senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT Tuhan yang maha kuasa.

“Terimakasih kepada pemerintah daerah,Bupati b
Banggai yang sejak awal telah memberi dukungan kepada panitia untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan BFR , dan telah membuka secara resmi acara yang diwakili oleh staf ahli Bupati, Terimakasih juga kepada seluruh teman-teman group babasal.net yang sudah berdonasi / bersedekah takjil dan semua pihak serta para sponsor yang telah berpartisipasi,”ucapnya.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses , dan kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT dalam
Menjalankan ibadah puasa , dan insha Allah dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan tahun depan.

Berikut pemenang Busana muslim Banggai Festival Ramadhan juara I adik Kimora Nurfitlan Ladiama dari SDN 2 Nambo, juara II adek Zalfa Dayana Putje dari SDN 8 Luwuk, Juara III adek Alexandria Denali dari SDN Pembina Luwuk, dan juara favorit adik Zea Azahra.

Sementara pilihan Da’i Cilik (Pildacil) juara I adik Aulia Rizky Abizar M dari SDIT Madani, juara II adik Aqmar Rifatul Hakim dari SDIT Madani, juara III adik Nur Nesya Dwi Putri dari MIN 1 Banggai, dan juara favorit adik Muh.Ibra Algifari Singka dari MIN 1 Banggai. AGK