Bali Kantongi SK, AT Hanya Rekomendasi

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Partai Amanat Nasional (PAN) seolah menjadi parpol rebutan. Betapa tidak, dua bakal calon bupati Banggai, yakni Samsulbahri Mang atau karib disapa Bali Mang dan Amirudin Tamoreka (AT) berebut dukungan partai berlogo matahari terbit itu. Dukungan parpol yang didirikan Tokoh Reformasi, Amien Rais itu sebagai syarat untuk memenuhi kuota 20 persen keterwakilan dewan mendaftar di KPU Banggai menjadi kontestan Pilkada 2020.

Meski secara resmi rekomendasi PAN sudah jatuh ke pelukan pasangan calon Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili, hanya saja, baru-baru ini beredar postingan dari kubu Samsulbahri Mang-Hepyy Yeremia Manopo di media sosial.

Postingan itu merupakan bentuk klaim bahwa pasangan calon Samsulbahri Mang-Hepyy Yeremia Manopo telah mengantongi rekomendasi dari DPP PAN.

Mempertegas hal itu, fungsionaris DPD II Golkar Banggai, Irwanto Kulap kembali angkat bicara. Anggota Komisi III, DPRD Banggai ini mengungkapkan, bahwa klaim kubunya itu, tentu saja sangat mendasar. “Tidak mungkin kalau tidak punya dasar,” ujar Irwanto Kulap kepada Banggai Raya, di kantor DPRD Banggai, Selasa (21/4/2020).

Terkait bukti otentik (bukti fisik), Irwanto memastikan. “Saya sudah lihat sendiri. Rekomendasi itu berbentuk SK (Surat Keputusan) yang ditandatangani Ketua Umum PAN, Zulhas (Zulkifli Hasan). Bahkan, bunyi SK-nya itu merekomendasikan kepada Pak Bali (Samsulbahri Mang) sebagai calon bupati Banggai dan Heppy (Heppy Yeremia Manopo) sebagai calon wakil bupati Banggai. Namun belum akan diproses. Karena ada pimpinan pusat, sehingga biarlah pimpinan pusat yang serahkan dulu ke pengurus daerah. Soal masih ada yang belum yakin, itu urusan mereka,” ungkapnya dengan mimik wajah meyakinkan.

Lanjut dia terangkan, kalau soal pengurus DPD PAN Banggai belum yakin, Partai Golkar sangat menghormatinya. “Mungkin belum ada sama mereka (SK dukungan ke Bali-Heppy). Jadi biarlah. Nanti DPP PAN yang serahkan dulu ke paslon (Pasangan calon). Apalagi, pengurus DPD PAN Banggai dan kami itu (Golkar) adalah teman. Jadi tidak ada keraguan untuk Pak Bali-Heppy maju di Pilkada Banggai,” tuturnya.

Bagaimana respon fungsionaris DPD PAN Banggai. Ketua Tim Pilkada DPD PAN Banggai, Djufrie Diko mengatakan, terkait dengan klaim tersebut, dirinya tidak terlalu jauh memberikan tanggapan.

“Intinya sudah jelas. Rekomendasi PAN secara resmi itu sudah jelas ke pasangan Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili. Bentuk fisiknya pun sudah kami serahkan beberapa waktu lalu. Dan belum ada perubahan sampai saat ini terkait dengan rekomendasi PAN,” tutur Sekretaris DPD PAN Banggai itu di balik telepon gengam. URY

Pos terkait