Ayo Gabung di Organisasi Masyarakat Relawan Indonesia ACT!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Melalui organisasi relawannya, Aksi Cepat Tanggap Luwuk membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat Banggai untuk ikut terlibat dalam kerja-kerja kemanusiaan dengan bergabung di organisasi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Saat ini MRI ACT Luwuk baru terbentuk di sejumlah kecamatan. Namun kedepannya, MRI ACT akan dibentuk hingga level desa di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

Proses recruitment MRI ini, telah dibuka sejak tanggal 8 November dan akan berakhir pada 30 November 2021 mendatang.

“Untuk mendaftar menjadi anggota MRI bisa secara online melalui link https://membership.relawan.id/register, atau bisa juga offline dengan datang langsung ke Kantor MRI Banggai di Jl. Urip Sumoharjo No 46, Ke. Jole, Luwuk,” ujar Ketua MRI Banggai, Saiful Bahri ST., melalui rilisnya, Rabu malam (17/11/2021).

Dijelaskan, seluruh relawan yang tergabung di MRI ACT akan mendapatkan pelatihan tentang kerelawan. Tujuan akhirnya adalah mencetak relawan yang memahami jati diri dan prinsip kerelawanan. Kemudian, membuka wawasan dan mengasah keterampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan baik penanganan bencana, maupun program kemanusiaan di berbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangkaian pelatihan kerelawanan ini, nantinya setiap relawan diasah untuk mampu menjadi kontributor perubahan dalam perbaikan kondisi masyarakat dan bangsa.

Adapun rangkaian pelatihan yang dilakukan yakni Orientasi Kerelawanan, Managerial & Leadership Training, Paket Pelatihan Total Disaster Management (Penanganan bencana terpadu mulai dari mitigasi, emergency hingga recovery) mulai level basic hingga advance dilakukan secara bertahap, Pelatihan Pengelolaan Program Kemanusiaan, Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan, Pembekalan berjenjang dalam ‘Universitas Kerelawanan’ dan lain sebagainya.

Saat ini, dalam beberapa aksi program kemanusian yang dilakukan ACT Luwuk sudah didukung dari teman-teman MRI. Kedepannya kerja-kerja kemanusian dari ACT akan sepenuhnya dikolaborasikan dengan para relawan MRI Banggai. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait