Ayo! Bersama Kita Jaga Kesehatan

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Herwin Yatim mengimbau kepada seluruh warga di wilayah Kabupaten Banggai untuk selalu menjaga kesehatan diri dalam Pandemi Virus Corona Disease Tahun 2019 atau Covid-19 dengan selalu menjalankan anjuran pemerintah, yaitu protokoler kesehatan.

Himbauan itu disampaikan Bupati Herwin Yatim di hadapan jamaah Masjid Al Hikmah, Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk pada pelaksanaan Salat Jumat Perdana di Gedung Masjid Al Hikmah Soho yang baru, Jumat (3/7/2020) pekan kemarin.

“Kita semua harus menjaga kesehatan. Kita menjaga terhadap penyebaran virus corona di daerah ini. Bukan hanya diprogramkan, sedangkan dokter pun mengaku kalah. Saat kami mengunjugi RSUD Luwuk, melihat penanganan Covid-19, apa kata-kata dokter, pak bupati, ini warga Luwuk berani semuanya. Biar kami jelaskan, tidak ada warga yang memakai masker. Persoalannya nanti yang akan disalahkan adalah pimpinan daerah, apabila tidak bisa melakukan tindakan penanganan Covid-19 ini,” kata Herwin Yatim.

Dia mengatakan, bahwa Presiden RI marah pada kepala daerah. Sebagai pemerintah daerah tidak pernah mengenal kata lelah, terus selalu mengimbau, kemudian memantau penanganan virus corona ini.

Sebab virus ini aku Herwin, tidak akan pernah hilang di muka bumi. Seperti kata para ahli, bahwa virus ini adalah sahabat, sama dengan virus-virus yang lain.

“Ini belum ada obatnya. Tapi, kita tidak perlu takut, kita diminta oleh pemerintah, diminta oleh WHO, untuk ikuti anjuran, yaitu dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” harap bupati.

“Saya masuk masjid tadi, diukur suhunya, Alhamdulilah suhu saya hanya 35,6. Jadi, kita harus mengukur suhu badan dan gejala-gejala lainnya. Saya memohon pada kita semua agar berkenan untuk sama-sama menangani penyebaran Covid-19 ini. Ini adalah virus baru, yang sampai hari ini belum ada obatnya, maka saya selalu mengingatkan untuk mengikuti protokoler kesehatan,” cetusnya.

Persoalan Covid-19 kata Herwin, bahwa kota Luwuk lagi ketambahan sembilan orang, yang kemarin hasil pemeriksaan, dan swab-nya sudah dikirimkan ke Palu. Dan dari informasi terakhir, sembilan orang itu, mudah-mudahan hanya satu atau dua orang yang positif.

Tapi lanjut orang nomor satu di daerah ini, kalau sembilan orang itu positif, maka Kabupaten Banggai akan ketambahan sembilan orang lagi yang dirawat di RSUD Luwuk.

Menurut dia, daerah-daerah di Indonesia berhasil menekan, tapi Kota Luwuk sekarang cenderung terus ketambahan warga terpapar Covid-19.

“Saya kemarin rapat dengan Muspida, termasuk Ketua DPRD Banggai hadir juga, dan mendapatkan gambaran dari Kepala Dinas Kesehatan, yang terjadi dari sembilan orang bertambah. Apa maknanya, kita mengharapkan itu tidak terjadi, Nauzubillah minzalik. Seperti Jakarta, Surabaya dan Makassar, terjadi transmisi lokal. Transmisi lokal itu cepat menyebar, maka itu, saya sebagai pimpinan daerah, ingin mengingatkan bapak/ibu sekalian, kemudian kita sama-sama untuk mengatasi penyebaran Covid-19, di daerah ini,” ajak Herwin Yatim. RUM

Pos terkait