Aqila Ghania, Santri Daarul Hikmah Luwuk Wakili Sulteng Dalam Ajang KSM Tingkat Nasional di Jakarta

  • Whatsapp
Aqila Ghania didampingi Kepala MTs Daarul Hikmah Luwuk, Ustadz Hasroli berangkat ke Jakarta untuk mengikuti KSM Tingkat Nasional. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Aqila Ghania Alkhaira, santriwati Kelas IX C, MTs Ponpes Daarul Hikmah Luwuk menjadi salah satu peserta yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Jakarta.

Saat ini, Aqila Ghania telah berangkat menuju Jakarta, untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti kompetisi tersebut yang bakal diramaikan 446 siswa dari seluruh provinsi yang ada di tanah air.

Bacaan Lainnya

Pemberangkatan Aqila Ghania ke Ibu Kota, didampingi langsung kepala MTs Daarul Hikmah Luwuk, Ustadz Hasroli.

“Iya sudah (berangkat). Lombanya akan berlangsung selama dua ahri, yakni hari Selasa 11 Oktober materi, dan Rabu Praktiknya. Pelaksaan lomba di Asrama Haji Jakarta,” ungkap Ustadz Hasroli yang dikonfirmasi Banggai Raya, Minggu siang (9/10/2022) via pesan WhatsApp.

Ia berharap, santrinya mampu tampil dengan penampilan terbaiknya dan semoga mendapatkan prestasi serta diberikan kelancaran selama kegiatan berlangsung. “Ini harapan kami, tentunya ananda bisa memberikan yang  terbaik,” harapnya.

Untuk diketahui, Aqila Ghania adalah santri kelahiran Makassar, 28 Juli 2008. Sebelumnya Ia berhasil meraih skor tertinggi yakni 82. Ia berhasil mengalahkan pesaingnya, hingga meraih peringkat pertama dari 39 peserta se Sulteng.

Berhasil meraih prestasi di ajang bergengsi dan berhak melaju ke tingkat nasional, berikut profil pemilik nama lengkap Aqila Ghania Alkhaira.

Aqila adalah santriwati asal Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai. Ia merupakan putri dari pasangan Nasrun dan Muliati. Ayah Aqila merupakan pegawai swasta, dan sang ibu adalah seorang ibu rumah tangga.

Mondok di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk di bawah Pimpinan KH. Muhammad Muadz Lc., M.Hi., Aqila mampu meraih sejumlah prestasi yang cukup membanggakan, baik bagi Ponpes maupun keluarga dan Aqila sendiri.

Tidak hanya dalam ajang KSM, ternyata Aqila juga menjadi santriwati dengan hafalan terbanyak di MTs Ponpes Daarul Hikmah Luwuk. Betapa tidak, saat ini Ia telah memiliki hafalan 15 Juz.

Atas prestasi yang membanggakan ini, Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz Lc., M.Hi., memberikan apresiasi.

“Pertama kami sebagai Pimpinan Ponpes menyampaikan selamat atas keberhasilan ananda. Semoga mampu berbicara (berkompetisi) di tingkat nasional,” harap KH. Muhammad Muadz Lc., M.Hi., belum lama ini.

Melaju dan go nasional, Ustadz Muadz berharap, santriwatinya bisa meraih juara seperti kakak kelasnya pada tahun sebelumnya. “Semoga ini bisa mengikuti kakak kelasnya tahun lalu, juara 3 nasional. Atau bahkan bisa melebihi,” harap ustadz kondang di Kabupaten Banggai itu.

Kemudian, dengan capaian prestasi luar biasa ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi santri lainnya untuk bisa berkompetisi di kancah nasional. “Dan bisa menjadi penyemangat bagi para wali santri, untuk menyekolahkan anaknya di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk,” tandasnya.

Melansir dari berbagai sumber, sebanyak 446 siswa dari seluruh provinsi di Indonesia akan berlomba dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2022. Mereka akan berkompetisi di 10 mata lomba yang digelar di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta, yang dimulai 10 sampai 14 Oktober 2022.

Acara yang bertema ‘Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri’ ini rencananya bakal dibuka Menteri Agama, Yaqut Choilil Qoumas di Taman Mini Indonesia Jakarta. Sedangkan kegiatan lomba dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

KSM adalah ajang kompetisi sains paling bergengsi di lingkungan madrasah. Acara ini akan mempertemukan para siswa juara dari tiga jenjang madrasah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Di dalamnya juga ada sub kegiatan yang melebur dalam acara ini, yaitu Madrasah Young Researchers Supercamp dan Science Expo. JAD/*

Pos terkait