APIP Inspektorat Banggai Ikuti Diklat Audit Investigatif dari BPKP

BANGGAI RAYA-Untuk meningkatkan memampuan, kompetensi dan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintahan (APIP) Inspektorat Kabupaten Banggai, Bupati Banggai menggandeng perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tengah dalam menyelenggarakan Diklat Audit Investigatif Level Basic bagi Auditor Inspektorat Kabupaten Banggai. Kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 26 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024 bertempat di Aula Graha Audita Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, dan dibuka pada Senin (26/2/2024).

Ketua Panitia Diklat, Tumbur Parulian Simatupang dalam laporannya menyampaikan bahwa diklat ini diikuti oleh 33 peserta dari Inspektorat Kabupaten Banggai. “Melalui diklat ini, kami berharap peserta dapat memahami dan mengimplementasikan audit investigatif tingkat dasar dengan lebih baik, sehingga dapat bersiap jika terjadi tugas pengawasan yang mendadak,” ujar, Tumbur.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banggai Amirudin yang telah mempercayai BPKP Sulteng untuk menyelenggarakan diklat ini. “Semoga melalui diklat ini dapat menambah kompetensi dan kapabilitas APIP Inspektorat Banggai dalam melaksanakan tugasnya menghadapi pengawasan investigatif yang bersifat tiba-tiba dan mendadak,” Kata, Edy.

Dalam sambutannya sekaligus membuka diklat secara resmi, Bupati Banggai, Amirudin, mengucapkan terima kasih dan memberiksan apresiasi kepada BPKP Sulteng yang telah menerima Inspektorat Banggai dalam mengikuti diklat ini. “Mari ikuti diklat ini dengan serius, dengan menggali ilmu dari para instruktur diklat, apalagi salah satu instruktur adalah Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia Evenri Sihombing, sehingga dapat menjadi bekal dalam menghadapi audit investigatif guna mewujudkan pemerintahan yang bersih di Kabupaten Banggai,” ujar, Amirudin.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilanjutkan ke depannya karena kita butuh peningkatan kapasitas APIP yang sustainable sekaligus sebagai aksi percepatan pencapaian visi dan misi pemerintah daerah “Peningkatan kapasitas APIP harus terus ditingkatkan untuk memperbarui pengetahuan bagi APIP itu sendiri. Karena itu saya sudah menyampaikan kepada inspektur, tolong dicatat pak inspektur, agar kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini dan harus terus dilanjutkan ke depannya. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari pelaksanaan pencapaian visi dan misi Kami, khususnya Misi ke Satu yaitu Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Produktif dan Sejahtera” tutur Amirudin.

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Di akhir sambutan, bupati juga mengundang Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto, untuk berkunjung di Kabupaten Banggai guna memberikan pembekalan dan pengarahan Kepada Aktor Pengelolaan Keuangan Daerah, dari Kepala OPD, Sekretaris, PPTK dan Bendahara se Kabupaten Banggai.

Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia, Evenri Sihombing, dalam pemaparannya, lebih mengedepankan teknik diskusi dan contoh kasus dengan para peserta diklat dalam menjelasakan tentang fraud dan audit investigatif, mulai dari pengertian dan jenis audit investigatif, teknik audit investigatif, aksioma audit investigatif, sinyal peringatan kecurangan, syarat dan jenis bukti, serta teori kerugian negara.**

Pos terkait