Api Porprov Sulteng Bersumber dari 4 Penjuru Mata Angin di Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-IX Sulawesi Tengah dijadwalkan pada Sabtu malam (10/12/2022) di Lapangan Bukit Halimun atau komplek kantor Bupati Banggai, ditandai dengan penyalaan api Porprov di kaldron atau obor besar yang akan menyala selama kegiatan.

Api Porprov yang akan menjadi sumber nyala kaldron sendiri, berasal dari empat penjuru mata angin di Kabupaten Banggai. Untuk wilayah selatan, api akan diambil dari sumur gas di CPP Pertamina EP Donggi Matindok Field di Toili Barat, sementara dari penjuru barat, timur dan utara, api diambil dari komunitas masyarakat adat terpencil dan masyarakat adat lainnya yang selama ini menggunakan cara tradisional demi membakar atau menyalakan sesuatu.

Bacaan Lainnya

Api dari empat penjuru yang disebut sebagai api abadi itu kemudian dibawa dengan obor oleh atlet dan warga serta pemerintah kecamatan dan desa hingga di titik nol kilometer di pusat kota Luwuk yang tugunya berdiri tepat di depan kantor Polsek Luwuk, jalan Sam Ratulangi. Api yang dibawa dengan obor dari empat penjuru mata angin itu, telah sampai di Luwuk dan disatukan di titik nol kilometer pada Rabu petang (7/12/2022). Api abadi itu kemudian di simpan di Luwuk, dan akan dibawa oleh atlet menuju Bukit Halimun menjelang pembukaan Porprov nanti. DAR