APBMI: Butuh Peran Semua Pihak Entaskan Kemiskinan di Banggai

  • Whatsapp
Sekretaris APBMI Banggai Rudi Harun Suleman bersama Dirjen Lalu Lintas Laut Kemenhub RI. Foto Istimewa

BANGGAI RAYA– Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai diharapkan bisa membuka pintu bagi para pengusaha, khususnya level lokal, untuk berkolaborasi guna mengentaskan kemiskinan. Karena pengentasan kemiskinan di daeran ini adalah peran semua pihak.

Peningkatan angka kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Banggai berdasarkan data BPS di tahun 2021, rupanya ikut menjadi perhatian sejumlah kalangan.

Bacaan Lainnya

Tak terkecuali dari pihak pengusaha bongkar muat pelabuhan di Kabupaten Banggai, yang tergabung dalam Asosiasi Bongkar Muat Seluruh Indonesia (APBMI).

Melalui sekretarisnya, Rudi Harun Suleman, berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai benar-benar bisa menjalankan sejumlah programnya dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Banggai saat ini kata dia, tentunya sangat memprihatinkan. “Butuh peran semua pihak agar angka kemiskinan di daerah kita ini, bisa diturunkan, bahkan dientaskan,” ungkap Sekretaris APBMI Banggai, Rudi Harun Suleman melalui rilisnya, Senin (21/6/2022).

Untuk APBMI sendiri kata dia, siap jika Pemda berkenan untuk kolaborasi. Banyak hal yang bisa dilakukan ke depannya agar kran-kran perekonomian masyarakat bisa berjalan. “Tinggal dari Pemerintahnya, apakah ada political will untuk benar-benar serius mengentaskan kemiskinan di daerah ini,” tuturnya.

APBMI Banggai sendiri selama ini telah cukup banyak berbuat agar tingkat perekonomian masyarakat kurang mampu dapat meningkat. Beberapa di antaranya seperti menyalurkan sejumlah bantuan paket sembako kepada warga, membantu pelaku UKM berupa fasilitas dan modal untuk berusaha.

Kemudian, mengundang sejumlah investasi untuk masuk ke daerah dan membentuk sarana agar warga dapat dilibatkan sebagai pekerja. “Insya Allah akan lebih banyak yang bisa kita perbuat bersama jika ruang kolaborasi itu dibuka,” tutup Rudi Harun Suleman. AGK/*

Pos terkait