Antusias, Warga Minang Banggai Sembelih 10 Hewan Kurban

  • Whatsapp
Warga Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Banggai berkurban sapi. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Warga Padang, Sumatera Barat di Luwuk yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Banggai berkurban 10 ekor hewan kurban yang terdiri dari 9 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan di Masjid Imam Bonjol Luwuk, pada Selasa (20/7/2021) usai Salat Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi.

Warga Minang tetap antusias untuk berkurban di Idul Adha Tahun 1442 Hijriyah ini, meskipun Pandemi Covid-19 sedang melanda daerah yang memiliki Motto Momposaangu Tanga, Mombolakon Tano. Terbukti, tahun 2021 ini jumlah hewan kurban meningkat menjadi 10 ekor, dibandingkan pada tahun 2020 hanya 7 ekor.

Bacaan Lainnya

Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Banggai, Mustafa Baring mengatakan, setiap tahun warga Minang di Luwuk selalu berbagi hewan kurban dengan masyarakat sekitarnya. Tahun 2021 sebanyak 400 kupon yang dibagikan IKM Banggai kepada warga yang wajib menerimanya.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 1 Luwuk ini, hewan kurban itu adalah bantuan dari warga Minang yang berada di Luwuk. Dan dibagikan kepada warga Minang tidak mampu, masyarakat sekitar Masjid Imam Bonjol Luwuk, juga di Rajawali, Garuda, Hanga-hanga, Pasar Simpong, dan Pasar Sentral.

“Kami ingin berbagi hewan kurban dengan masyarakat. Pada tahun 2021 ini kami berkurban sebanyak 9 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Di potong di lokasi Masjid Imam Bonjol Luwuk, bertempat di jalan Rajawali, usai salat ied. Kegiatannya sampai dengan pukul 15.30 Wita. Kupon yang terbagi sebanyak 400 lembar, di tambah dengan peserta kurban. Pokoknya merata semua,” kata Mustafa Baring kepada Banggai Raya, Jumat (23/7/2021).

Ia mengaku, IKM Kabupaten Banggai setiap tahun di momen hari raya Idul Adha selalu berbagi daging hewan berkurban kepada masyarakat Luwuk.

“Ini tahun agak meningkat dari tahun kemarin. Sebab tahun kemarin hanya 7 ekor hewan kurban, sekarang 10 ekor. Walaupun masa pandemi Covid-19, Alhamdulillah ada saja rejeki, karena niat. Kalau nita baik, Allah akan berikan yang baik juga,” pungkasnya.

Pos terkait