Antrean Online Beri Kepastian Waktu Pelayanan Bagi Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pesatnya teknologi saat ini tidak bisa dipungkiri. Berbagai inovasi pun terus dilakukan berkat hadirnya teknologi. Dan BPJS Kesehatan juga tidak luput dalam memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Salah satu inovasi yang dirancang BPJS Kesehatan dengan memanfaatkan peran teknologi adalah dengan menghadirkan antrean online yang tersedia dalam aplikasi Mobile JKN.

Puskesmas Simpong merupakan salah satu puskesmas yang sudah menerapkan antrean online di wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Luwuk.

Rudiansyah (32) saat ditemui belum lama ini di Puskesmas Simpong merupakan salah satu peserta JKN – KIS yang sudah menggunakan sistem antrean online. Rudi biasa ia dipanggil adalah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah atau biasa disebut dengan PBPU.

Hadirnya sistem online ini, Rudi merasa sangat terbantu dan dimudahkan. Pasalnya dia tidak perlu lagi datang pagi-pagi ke puskesmas untuk mengambil antrean. Cukup mengakses aplikasi mobile JKN untuk melakukan pendaftaran pelayanan ksehatan.

“Biasanya untuk berobat ke puskesmas, saya harus datang pagi-pagi untuk mengambil nomor antrean, dan langsung menunggu untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan, namun sekarang saya tidak perlu repot lagi, cukup melakukan pendaftaran melalui aplikasi mobile JKN dan saya bisa menunggu dengan nyaman di rumah. Saat mendekati nomor antrian saya, barulah saya datang ke Puskesmas,” ungkap Rudi.

Rudi pun mengapresiasi antrean online tersebut yang dinilainya merupakan inovasi kekinian. Dan tentunya sangat bermanfaat bagi peserta.  “Kita tinggal datang, berkas sudah siap,” terang Rudi.

Rudi mengaku sangat senang dengan sistem antrean online yang dibuat oleh BPJS Kesehatan. Saat ini kata dia, teknologi sudah ada dalam genggaman seperti halnya sistem antrian online, sehingga sebagai peserta bisa lebih mudah dalam mengakses pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas.

“Saya berharap ke depannya setiap fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat menerapkan sistem antrean online ini, agar kami sebagai peserta memperoleh kepastian waktu tunggu dalam mendapatkan layanan kesehatan,” tutup Rudi. JAD/*

Pos terkait