Antisipasi Covid-19, Sekolah di Bangkep Diliburkan

  • Whatsapp
H Rais D Adam

BANGGAI RAYA– Terhitung sejak 19 Maret 2020, aktivitas belajar mengajar di sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah pertama (SMP) diliburkan.

Hal itu sebagaimana surat edaran Plt Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), H Rais D Adam nomor 420.659/Dikbud-Bangkep/2020 tertanggal 18 Maret 2020. Surat edaran yang ditandatagani Plt Bupati Bangkep, H Rais D Adam itu, untuk menindak lanjuti instruksi pemerintah pusat dan surat edaran Gubernur Sulteng sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Dalam surat edaran tersebut, memuat delapan poin penting. Pertama, meliburkan siswa TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs selama dua pekan, terhitung sejak tanggal 19 Maret hingga 1 April 2020.

Kedua, proses pembelajaran bagi siswa dilakukan secara online atau secara manual/mandiri di rumah masing-masing. Ketiga, kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik lainnya tetap hadir di sekolah dan melaksanakan tugas untuk mempersiapkan proses pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi, khususnya untuk persiapan pelaksanaan ujian sekolah di masing-masing tingkatan.

Keempat, tenaga pendidik atau guru diwajibkan melaksanakan kegiatan kunjungan rumah kepada peserta didik yang membutuhkan pelayanan pembelajaran. Kelima, koordinator wilayah se Kabupaten Bangkep diharapkan memantau kehadiran kepala sekolah dan tenaga pendidik selama masa libur siswa.

Berikutnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) agar melakukan pemantauan peserta didik dalam melakukan aktivitas di luar rumah selama masa libur.

Selanjutnya, para orang tua siswa diminta untuk membatasi aktivitas keluar rumah bagi anak-anak dan menyarankan untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau mandiri.

Dan yang terakhir, Rais D Adam menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta melakukan kegiatan kebersihan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. URY