Antisipasi Corona, Pelantikan Calon PPS Bertahap

  • Whatsapp
Alwin Palalo

BANGGAI RAYA– Pelantikan 1.011 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banggai dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng tahun 2020, yang telah dinyatakan lulus seleksi wawancara akan dilakukan secara bertahap. Hal itu dilakukan sebagaimana surat edaran KPU RI, tentang antisipasi Covid-19 pada pelaksanaan tahapan pemilihan serentak tertanggal 16 Maret 2020.

Komisioner KPU Banggai, Alwin Palalo mengatakan, mengingat surat edaran KPU RI tersebut, maka pelantikan calon PPS yang telah dijadwalkan dimulai pada 22 Maret 2020 itu, akan dilaksanakan secara bertahap.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya pelantikan itu dilakukan serentak. Namun karena ada edaran terkait antisipasi Covid-19, maka pelantikannya akan dilakukan di setiap kecamatan secara bertahap. Kami kan ada lima orang komisioner. Jadi, setiap komisioner melantik calon PPS di satu kecamatan. Dalam sehari, setiap komisioner melantik calon PPS di satu kecamatan secara bertahap pula. Waktunya pagi dan siang. Misalnya hari ini saya di Kecamatan Pagimana, besok di Kecamatan Bualemo lagi,” jelas Alwin kepada Banggai Raya, Rabu (18/3/2020).

Pelantikan calon PPS secara bertahap tersebut terang Alwin, ditarget berlangsung beberapa hari ke depan.

Hal itu dilakukan lanjut Alwin, untuk menghindari pengumpulan jumlah massa yang terbilang banyak. “Jadi kalau pelatinkan dilakukan per kecamatan, jumlah pengumpulan massa itu tidak terlalu banyak,” papar Alwin.

Mengenai sosialisasi tahapan Pilkada lainnya tambah Alwin, sejauh ini tidak ada kendala. “Mengenai merambahnya wabah virus corona, Alhamdulilah tidak menggangu tahapan Pilkada yang saat ini telah berlangsung. Sejauh ini tahapan Pilkada berjalan dengan baik. Kami hanya menyesuaikan jadwal pelaksanaanya saja. Dan kami juga saat belum melakukan tahapan sosialisasi, karena masih fokus pada pelantikan calon PPS,” tutur Alwin.

Hanya saja jelas Alwin, tatap muka atau koordinasi berkaitan dengan tahapan Pilkada yang saat ini masih dibatasi hingga beberapa minggu ke depan. URY