Angkatan XXIX, Untika Luwuk Mewisuda 423 Sarjana Baru

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Universitas Tompotika (Untika) melangsungkan wisuda bagi 423 lulusan sarjana baru program strata satu (S1) dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Angkatan XXIX, Sabtu (24/9/2022) di Hotel Estrella Luwuk.

Prosesi wisuda ini dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah XVI diwakili Irwan Halid M.Si., Asisten II Setda Banggai, Ferlin Monggesang, perwakilan Polres Banggai, Kodim 1308 Luwuk Banggai, Wakil Rektor I UMLB, Mustafa Abd Rahim dan sejumlah undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan wisuda ini, Dr. Andi Munafri yang juga Dekan Fakultas Hukum Untika Luwuk membawakan orasi ilmiah di hadapan ratusan wisudawan dan undangan.

Dalam laporan akademiknya, Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., mengatakan, prosesi wisuda merupakan hari bersejarah baik bagi wisudawan, orangtua maupun civitas akademika.

“Hari ini kami mewisuda sebanyak 423 orang, yang telah menyelesaikan program sarjana,” ujar Rektor Taufik Bidullah SE., M.Si.

Diuraikan, 423 lulusan sarjana baru yang diwisuda ini terdiri dari 92 orang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 22 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 116 orang Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum 61 orang, Fakultas Teknik 31 orang, Fakultas Pertanian 27 orang dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 74 orang.

Hingga angkatan ke 29 ini kata Rektor Taufik Bidullah, kampus biru telah menelorkan sebanyak 11.219 sarjana baru.

“Dengan banyaknya alumni lulusan sarjana yang telah kami lahirkan, ini menjadi salah satu kontribusi nyata kami. Mampu menyiapkan SDM mumpuni untuk kemajuan, baik untuk daerah maupun negara,” kata Taufik Bidullah.

Prosesi wisuda ini kata Rektor Taufik Bidullah, tentunya salah satu tolok ukur keberhasilan dalam akademik. Dan ini juga tentunya berkat kesungguhan para mahasiswa dan juga motivasi serta doa dari keluarga tercinta.

“Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas keberhasilan hari ini. Semoga dengan gelar sarjana, wisudawan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, dan mampu berkontribusi untuk daerah ini,” tuturnya.

Di akhir pidato akademiknya, Rektor Taufik Bidullah selaku pimpinan kampus biru memberikan pesan almamater kepada ratusan sarjana baru.

Kepada wisudawan sebagai insan intelektual, diharapkan mampu menjaga nama baik almamater Untika Luwuk di tengah-tengah masyarakat.

“Saat ini terpikul dalam pundak kalian sebagai seorang sarjana. Benar kalian telah menyelesaikan studi, tapi itu belumlah akhir. Untuk itu, janganlah berhenti untuk belajar,” pesan Rektor.

Kemudian, sebagai alumni kampus biru diharapkan tetap bisa menjalin silaturahmi sebagai bagian dari keluarga besar Untika Luwuk.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI diwakili oleh Drs. Irwan Halid M.Si., menyampaikan selamat dan sukses kepada ratusan wisudawan atas gelar sarjananya.

“Insya Allah gelar sarjana ini dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah. Semoga ilmu yang didapat selama kuliah menjadi bekal berharga di masyarakat,” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada para wisudawan tidak takut untuk gagal dalam meraih impian.

“Kunci sukses bukan karena kuliah di perguruan tinggi yang hebat, bukan juga karena lulusan cumlaude. Tapi kita harus memiliki soft skill yang baik,” katanya.

Ia juga tak luput berpesan kepada para wisudawan untuk menjaga nama baik almamater kampus biru.

“Selamat kepada wisudawan dan wisudawati, dan juga orangtua, yang telah berhasil menguliahkan anaknya hingga di wisuda hari ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin yang diwakili Asisten II Setda Banggai, Ferlin Monggesang mengatakan, atas keberhasilan Untika Luwuk dalam melahirkan 423 sarjana baru hari ini patut diapresiasi.

“Sampai saat ini, hingga angkatan ke 29 telah melahirkan 11.219 sarjana. Tentunya ini sangat membanggakan bagi Pemda Banggai. Apalagi seperti disampaikan LLDIKTI tadi, bahwa Untika Luwuk salah satu universitas terbaik di Sulteng,” ujar Ferlin Monggesang, mengawali sambutan.

Ia berharap, para wisudawan dan wisudawati yang diwisuda ini bisa menjadi motivator di tengah masyarakat dalam membangun daerah tercinta ini. (*)

Pos terkait