Angka Partisipasi Pemilu di Banggai Capai 81,86 Persen

BANGGAI RAYA-Tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2024, tercermin dari naiknya persentase keikutsertaan dalam memilih.

Mahmud, Komisioner KPU Banggai yang membidangi Divisi Sosialisasi, Minggu (3/3/2024) mengatakan, angka partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 sebesar 81,86 persen, mengalami kenaikan dibanding pemilu sebelumnya sebesar 79,9 persen.

“Alhamdulillah angka partisipasi masyarakat sebesar 81,86 persen, naik dari pemilu sebelumnya. Naik sebesar 1,96 persen, semua pemilih di Banggai yang datang ke TPS memilih di hari pemilihan, rekap kecamatan berjalan lancar, sampai dngan pelaksanaan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Mudahkan Masyarakat, BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Secara Langsung Melalui Program BUKADESA di Morut

Terkait dengan adanya kesalahan teknis pada penerbitan surat keputusan KPU Banggai, ia mengatakan bahwa KPU Banggai telah melakukan perbaikan.

“Benar kami ada kesalahan teknis, dan kami sudah perbaiki itu dengan membatalkan SK yang salah lalu mengeluarkan SK yang baru. Kami mohon maaf atas adanya kesalahan penginputan tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke 73, IBI Bekerjasama Dinkes P2KB Balut Gelar Pelayanan KB Gratis

Ia berharap agar semua pihak bersikap dewasa, dan bila memang ada yang tidak puas, sebaiknya mengambil langkah melaporkan atau menggugat ke pihak berwenang.

Ia mengatakan, proses rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan sesuai target 5 hari, tidak ada yang merasa adanya selisih antara yang ditetapkan dengan data di masing-masing parpol. Namun terkait adanya kesalahan input, ia mengatakan bahwa KPU Banggai telah melakukan koreksi dan memperbaiki kekeliruan, dengan menerbitkan SK yang baru.

BACA JUGA:  Pemkab Morowali Dukung Program PESIAR dalam Perluasan Kepesertaan JKN

Kekeliruan yang muncul terkait input data perolehan suara caleg tertentu di Dapil 3, namun input data tersebut telah dikoreksi. DAR