AMIK Luwuk Wisuda 143 Lulusan Ahli Madya Komputer, 80 Persen Sudah Bekerja!

BANGGAI RAYA- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Luwuk Banggai menggelar kegiatan Wisuda bagi lulusan Ahli Madya Komputer, Sabtu 30 Desember 2023.

Kegiatan wisuda dalam rapat senat terbuka luar biasa yang berlangsung di Hotel Estrella Luwuk itu, AMIK Luwuk di bawah pimpinan Direktur Heriyanto Sahidu S.Sos., S.Kom, MM., sukses mewisuda 143 lulusan.

Dalam sambutan akademiknya, Direktur AMIK Luwuk, Heriyanto Sahidu S.Sos., S.Kom., MM., menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan dalam menyelesaikan studi. 

“Kepada orangtua dan keluarga wisudawan, kami turut bersyukur dan berbahagia serta sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu dan saudara sekalian,” ucap Direktur Heriyanto Sahidu.

Di wisuda ke XVI ini kata Direktur AMIK Luwuk, jumlah mahasiswa yang diwisuda berjumlah 143 orang. Itu terdiri dari dua program studi yakni Prodi Manajemen Informatika, dan Prodi Komputerisasi Akuntansi.

“Rinciannya dari 143 orang, 28 % telah bekerja sebelum  wisuda, 24 % telah interview dan akan bekerja setelah wisuda di perusahaan mitra, 40 % sebagai reseller, online shop, konten creator digital serta kegiatan-kegiatan lain yang digemari generasi milenial, 6 % tekhnopreneur dan lanjut studi 2%,” papar Heri sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Suami di Luwuk Selatan Tega Aniaya Istri Pakai Obeng Hingga Tak Sadarkan Diri 

Olehnya, pada kesempatan itu, Direktur Heri memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh karyawan AMIK Luwuk Banggai atas segala kerjasama, keikhlasan serta kesungguhannya dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani kebutuhan akademik mahasiswa.

“Sehingga hari ini mereka (mahasiswa) berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu dan diwisuda pada hari ini,” katanya.

Dengan bekal ilmu yang diperoleh mahasiswa selama tiga tahun, Direktur berharap lulusan mampu bersaing di pasar kerja dan berkarya di masyarakat. 

Tantangan yang dihadapi alumni di tengah masyarakat kata dia, sudah barang tentu lebih berat apabila dibandingkan dengan di kampus, sebab persoalan yang dihadapi sangat beraneka ragam. 

“Namun Allah SWT telah menganugerahkan kepada manusia, akal, ilmu, kecerdasan dan pengetahuan untuk dapat dimanfaatkan menghadapi tantangan yang ada di masyarakat, yang selanjutnya dapat digunakan sebesar besarnya bagi kesejahteraan umat manusia itu sendiri,” katanya.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Keberhasilan yang dicapai mahasiswa dalam meraih gelar ahli madya komputer kata dia Direktur, bukanlah semata-mata milik Saudara karena di balik keberhasilan tersebut, alumni dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

“Semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu mandiri dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, khoirunnas Anfauhum linnas  sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain,” pesannya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Gosulutteng, Munawir Razak memberikan apresiasi baik kepada Direktur AMIK Luwuk dan jajaran maupun Ketua Yayasan Pendidikan Nurmal Luwuk yang berhasil menyelenggarakan pendidikan. 

“Apresiasi kepada civitas akademika, yang telah menyiapkan tenaga-tenaga kerja atau lulusan unggul yang siap kerja,” kata Munawir.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Apalagi kata Kalem Munawir, dari 142 lulusan Ahli Madya Komputer yang diwisuda hari ini, 80 persen diantaranya sudah bekerja.

“Saya sangat salut, karena dari ratusan yang diwisuda, 80 persen sudah bekerja. Ini luar biasa, dan patut diapresiasi. Selama ini, banyak perguruan tinggi yang hanya sibuk mencari mahasiswa baru, tapi mengabaikan lulusannya,” ucap Munawir yang bangga dengan kerja-kerja kampus vokasi AMIK Luwuk Banggai.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Pendidikan Nurmal Luwuk, Dr. Marwan Londol juga memberikan sambutan, dan menjelaskan kiprah AMIK Luwuk Banggai yang 18 tahun beroperasi.

Ucapan terima kasih disampaikan Ketua Yayasan,baik kepada civitas akademika maupun semua pihak, sehingga AMIK Luwuk bisa terus eksis melahirkan SDM yang unggul dan berkualitas. 

Diketahui, acara wisuda ini dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah Ali,  Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah, Kadisnakertrans Banggai, Ernaini Mustatim, Perwakilan Perusahaan Mitra, dan lainnya. (*)

Pos terkait