Alumni AMIK Luwuk Harus Kompetitif dan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

BANGGAI RAYA- Lulusan atau alumni Perguruan Tinggi atau Akademi, harus mampu berkompetitif untuk menciptakan lapangan kerja baru sesuai dengan latar belakang disiplin ilmu yang dimiliki. Untuk itu paradigma harus diubah, bukan lagi lulusan mencari pekerjaan, akan tetapi harus menciptakan lapangan kerja baru.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kabupaten Banggai, Ir. H. Abdullah, M.Si. yang membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai di acara Wisuda AMIK Luwuk ke-XVI Angkatan ke-XVIII Tahun Akademik 2022/2023 di Ballroom Maleo Hotel Estrella Luwuk.

Pemerintah daerah kata dia, berharap agar para wisudawan dan wisudawati sebagai masyarakat intelektual mampu menjadi motivator dan dinamisator dalam membangun Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Para alumni AMIK Luwuk Banggai kata Sekab Banggai, telah berhasil mengkaryakan dirinya di instansi pemerintah maupun swasta, dimana hal ini merupakan suatu kebanggaan atas keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. 

Hal ini hendaknya tidak dipandang sebagai acara seremonial rutin saja, tetapi lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian hasil yang telah dicapai.

Seperti diketahui, wisuda AMIK Luwuk Banggai kali ini merupakan wisuda ke-XVI Angkatan ke-XVIII, dengan jumlah mahasiswa Diploma III yang diwisuda berjumlah 143 wisudawan/wisudawati.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Ke 143 peserta wisuda itu terdiri dari dua program studi yakni Program Studi Manajemen Informatika dan Komputer 100 orang dan Program Studi Komputerisasi Akuntansi 43 orang.

Direktur AMIK Luwuk Banggai Heriyanto Sahidu, S.Sos., S.Kom., M.M. diawal menyebutkan, bahwa AMIK Luwuk Banggai tidak hanya sekedar meluluskan mahasiswa tapi mereka juga punya tanggung jawab moral untuk  mencarikan mereka peluang pekerjaan. 

Olehnya, AMIK Luwuk Banggai melaksanakan Job Fair yang dikhususkan bagi mahasiswa aktif dan alumni. Puluhan lowongan kerja (loker) tersedia dalam job fair tersebut.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Nurmal Dr. Marwan Londol mengingatkan keberhasilan ini merupakan langkah awal bagi para wisudawan dan wisudawati untuk terus dapat mengembangkan diri sekalipun tidak lagi berada di dalam lingkungan kampus. 

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Hadir dalam wisuda kali ini Kepala LLDIKTI Wilayah XVI GOSULUTTENG, Munawir Sadzali Razak, S.Ip. M.A., Korwil Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Zein Akumo, S.H., M.H., sejumlah perwakilan Unsur Forkopimda, Kadis Nakertrans Kabupaten Banggai Hj. Ernaeni Mustatim, S.H., M.H., Kaban Kesbangpol Kabupaten Banggai Syaifuddin Muid, S.H., WR III Bidang Kemahasiswaan Unismuh Luwuk Dr. Agung Kurniawan Djibran, para orang-tua/wali wisudawan dan beberapa undangan lainnya. (*)