Akper Luwuk Resmi Dialihkan ke Poltekkes Kemenkes Palu

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Akademi Keperawatan (Akper) Luwuk resmi diserahkan atau dialihkan pengelolaannya dari Pemda Banggai ke Poltekkes Kemenkes Palu, Kamis (25/6/2020) pekan kemarin di ruang rapat khusus bupati.

Serah terima pengelolaan Akper Luwuk yang dilakukan secara virtual ini dihadiri langsung oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim, Wabup Mustar Labolo, dan para pimpinan OPD serta civitas Akper Luwuk.

Direktur Akper Luwuk, Dr. Yustianty Monoarfa SP, M.Kes., mengatakan, dengan diserahkanya pengelolaan Akper ke Poltekkes Kemenkes Palu diharapkan dapat meningkatkan kualitas seluruh lulusan yang ada, karena telah mendapat pembinaan yang maksimal dari Poltekkes Kemenkes Palu.

“Hal ini juga memperbesar peluang pengembangan akan semakin luas dengan bergabungnya Akper Luwuk ke Poltekkes Kemenkes Palu. Dan akan memudahkan Kabupaten Banggai dan sekitarnya memperoleh pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.” Harapnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palu, Nasrul SKM M.Kes mengatakan, apa yang dilakukan saat ini semakin memotivasi pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik, guna melahirkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Ia pun sangat menyambut positif dengan bergabungnya Akper Luwuk ke Poltekkes Kemenkes Palu dan diharapkan apa yang dilakukan saat ini tetap mendapat dukungan dari Pemerintah daerah khususnya Pemda Banggai.

“Izin penyelenggaran pendidikan, Prodi untuk Akper Pemda Luwuk telah resmi jadi PSDKU Poltekkes Kemenkes Palu di luar Kampus Utama yang ada di Luwuk. Dan sebagai tindak lanjut dari BAST dari bapak Bupati ke Bapak Sekjen maka hari ini proses penyelenggaran pendidikan kami terima dengan baik,” ucap Direktur Poltekkes Kemenkes Palu Nasrul M.Kes.

Lebih lanjut, Nasrul menjelaskan untuk pengelolaannya akan dikoordinir oleh Jurusan Keperawatan dan Prodi D3 Keperawatan Luwuk. Dengan dialihkan pengalihan AKPER Pemda Luwuk ke Poltekkes Kemenkes Palu maka saat ini jumlah peserta didik dan tenaga pengajar juga mengalami ketambahan dengan jumlah mahasiswa menjadi 2.357 Mahasiswa yang terbagi di 11 Program Studi dan 4 Jurusan.

Sementara itu, Bupati Banggai, Dr Ir. Haji Herwin Yatim MM mengatakan, apa yang dilakukan hari ini merupakan sebuah usaha yang membutuhkan waktu cukup lama, sehingga dirinya berharap dengan pengalihan pengelolaan Akper Pemda Luwuk ke Poltekkes Kemenkes Palu, kedepan status dan kualitas lulusan Akper Luwuk dapat semakin jelas dan berkualitas.

“Hari ini kita secara resmi menyerahkan pengelolaan Akper Luwuk kepada Kementerian Kesehatan melalui Poltekkes Kemenkes Palu, Terimakasih. Ini berkah luar biasa,” ujar Bupati Banggai Herwin Yatim.

Selain memberikan perhatian terhadap peserta didik, Bupati juga berharap Poltekkes Kemenkes Palu memberi perhatian bagi tenaga didik dari Akper Pemda Luwuk agar diberikan peluang untuk meningkatkan kualitas diri. Dan Pemda siap mendukung setiap upaya peningkatan kualitas peserta didik dan tenaga pengajar yang ada melalui anggaran APBD Kabupaten Banggai, meski diakui belum dapat dilakukan dalam jumlah besar. JAD/RRI

Pos terkait