Akademisi Untika Menulis Buku Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

  • Whatsapp
Buku Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial oleh Riduan R. Amin. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Ir. Riduan R. Amin, MT menulis buku tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Buku yang memiliki ketebalan 150 halaman ini diterbitkan oleh Suluh Media yang merupakan Imprint dari Graha Ilmu, Jogyakarta.

Sekilas isi buku ini, tertulis untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pekerjaan, serta mendapatkan imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja, maka pemerintah perlu hadir untuk memberikan sosialisasi dan perlindungan terkait permasalahan ketenagakerjaan khususnya di Kabupaten/kota di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Masalah peluang kerja dan angka pengangguran masih menjadi masalah yang sering terjadi di masyarakat Indonesia. Sebab, masih minimnya peluang kerja dan masih tingginya angka pengangguran serta penanganannya,serta belum efektif dan memuaskan bagi kebutuhan masyarakat yang mana menciptkan lapangan pekerjaan yang setara dengan pertumbuhan jumlah angkatan kerja yang tersedia di kabupaten/kota di Indonesia.

Oleh karena itu, sebelum perusahaan merekrut tenaga kerja di Indonesia baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota, seharusnya pihak perusahaan wajib mengetahui dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan ketenagakerjaan, yaitu UU Nomor 13 Tahun 2003. Sehingga, diharapkan terjalin sinergitas dan sinkronisasi antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten/Kota dan pihak perusahaan secara khusus dalam menangani data-data dan dokumen ketenagakerjaan.

Penulis Riduan R. Amin lahir di Luwuk Banggai, 31 Desember 1965. Ia menyelesaikan jenjang S1 Teknik Sipil di Universitas Muslim Indonesia, Makassar Tahun 1991 dan S2 Program Pascasarjana di Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2013.

Sejak 1919, ia telah berkecimpung dalam dunai jasa konsultan dan kontraktor, dilanjutkan mengabdi pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tengah hingga akhirnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2000.

Sejak tahun 2005 hingga 2021, Ia menjadi dosen di Untika Luwuk Banggai dengan jabatan Asisten Ahli serta aktif mengajar beberapa mata kuliah antara lain, Perencanaan Transportasi, Geometrik Jalan, Perancangan Tebal Perkerasan dan Pemindahan Tanah Mekanis di S1 jurusan Teknik Sipil. Di tahun 2021, Ia pernah menjabat Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Disnakertrans Kabupaten Banggai.

Ada tiga buku karya Riduan R. Amin, buku pertama berjudul Manajemen Peralatan Berat untuk Jalan oleh Graha Ilmu tahun 2014 dan yang kedua berjudul Manajemen Prasarana Petikemas Samudra Biru tahun 2017 serta buku Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Buku Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dijual dengan harga Rp138.000, serta mendapatkan diskon 30 persen. Promo ini berlaku sampai dengan tanggal 30 Juni 2022. Informasi dan pemesanan di nomor telepon 0811257182.

“Buku ini sangat penting dimiliki, karena sangat membantu para pekerja/buruh atau karyawan ketika terjadi PHK. Ada contoh-contoh kasus yang terjadi dan solusinya. Begitu pula dengan para perusahaan atau pengusaha ketika mereka mau merekrut karyawan baru dan mekanismenya melengkapi dokumen-dokumen ketenagakerjaan, apa-apa saja yang harus dipersiapkan sesuai regulasi yang terbaru. Begitu juga bagi para pejabat khususnya yang baru melaksanakan tugas kedinasan di Disnskertrans, agar lebih memahami tugas pokoknya dalam melaksanakan tugas kedinasan sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku, sehingga tercipta Hubungan Industrial yang harmonis dan berkeadilan bersama pelaku usaha di Kabupaten/kota,” kata Riduan R. Amin kepada Banggai Raya, Senin (9/5/2022). (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait