Akademisi: Herwin Yatim Berhasil Merawat Budaya dan Kearifan Lokal

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Herwin Yatim dinilai sebagai pemimpin sukses dalam merawat kelestarian budaya serta kearifan lokal Kabupaten Banggai. Hal itu disampaikan Heriyanto Sahidu (42), yang merupakan akademisi di Kota Luwuk yang juga Direktur Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Luwuk Banggai.

Menurut Heriyanto, orang nomor satu di Banggai itu memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap kearifan lokal Banggai. Salah satunya dengan selalu mengenakan budaya daerah di setiap kesempatan yang ada.

“Beliau sangat visioner dalam mengembangkan kearifan dan budaya lokal yang ada di Banggai. Sama seperti hari jadi Kabupaten Banggai ini, budaya kita selalu dikenalkan dalam kegiatan-kegiatan resmi,” ungkap Heriyanto Sahidu usai upacara Hari Jadi Kabupaten Banggai, Rabu (08/06/2020).

Tak hanya merawat budaya lokal, Heriyanto juga menyebutkan bahwa kepedulian Herwin terhadap kesenian lokal pun patut diacungi jempol. Pasalnya, selama kepemimpinan Herwin, eksistensi kesenian lokal di Banggai terus ada dan terjaga dengan baik.

“Dan ini telah terbukti, kita ambil contoh dari kecamatan asal saya Nambo. Pak Bupati sangat merangkul dan memperhatikan beberapa kesenian yang ada di sana,” katanya.

Di sisi lain, Herwin Yatim menuturkan bahwa merawat budaya dan kearifan lokal Kabupaten Banggai merupakan salah satu upaya mendorong kemajuan pembangunan daerah ke depan.

“Di masa pandemi seperti ini kita harus kuat, optimis, tetap semangat dalam membangun daerah dengan memperhatikan budaya dan kearifan lokal,” ujar Herwin.

Dalam acara yang sama, saat upacara Hari Jadi Kabupaten Banggai yang ke-60, Bupati Herwin juga mengimbau kepada seluruh perangkat daerah, BUMN, BUMD dan semua lapisan masyarakat untuk terus saling bersinergi guna kemajuan pembangunan daerah Banggai.

“Tentu dengan tetap mentaati protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan terus menjaga pola hidup sehat,” ungkap Bupati Herwin saat memimpin upacara Hari Jadi Kabupaten Banggai dengan tema ‘Membangun Kabupaten Banggai Dengan Budaya Dan Kearifan Lokal Menyongsong Kenormalan Baru (New Normal)’.

Selain itu, Bupati Herwin Yatim juga mengapresiasi atas kinerja perangkat daerah dan semua lapisan masyarakat yang telah ikut menyukseskan program-program daerah, sehingga Kabupaten Banggai diakui secara nasional maupun internasional. JAD/*

Pos terkait