Ada Bank Sumbang Rp200 Ribu di Kegiatan Adat Mombowa Tumpe di Batui Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Upaya melestarikan adat dan budaya leluhur terus dilakukan oleh berbagai elemen di Kabupaten Banggai. Salah satunya adalah ritual adat Mombowa Tumpe di Batui, Kabupaten Banggai menuju Keraton Banggai di Kabupaten Banggai Laut pada Jumat petang (2/12/2022).

Kesuksesan kegiatan budaya pengantaran telur maleo yang telah berlangsung ratusan tahun itu, tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk kalangan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Banggai, khususnya di Batui.

Bacaan Lainnya

Karenanya, ketua panitia Ritual Adat Mombowa Tumpe Nasri Sei dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak tersebut.

Menariknya, laporan panitia itu juga menyajikan secara terbuka jumlah anggaran yang terkumpul yakni Rp77,9 juta, lengkap dengan nama penyumbang. Penyumbang kegiatan itu, ada yang nilainya cukup besar yakni Rp20 juta seperti dari PT DSLNG dan PT PAU, ada yang nilainya sedang sebesar Rp5 juta dari JOB Tomori dan Pertamina EP DMF, namun ada juga bank BUMN yang menyumbang Rp200 ribu, yakni BRI Unit Batui.

Terhadap seluruh bantuan itu, pihak panitia menyampaikan apresiasinya. Kegiatan Mombowa Tumpe akhirnya terlaksana pada Jumat petang dan 100 butir telur maleo telah diantarkan menuju Keraton Banggai, setelah dilepas secara resmi oleh Bosanyo Batui. DAR

Pos terkait