Achmad Syahrul dan Siti Attiyah Terpilih Sebagai Duta GenRe Banggai 2020

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banggai sukses menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Banggai tahun 2020. Dalam pemilihan ini menobatkan Achmad Syahrul Ramadhan dan Siti Attiyah sebagai Duta GenRe Kabupaten Banggai.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai, I Wayan Suartika kepada Banggai Raya, Senin (24/8/2020) mengatakan, proses Pemilihan Duta GenRe ini dimulai sejak 13 Agustus 2020 lalu dan Grand Final dilangsungkan pada Minggu (23/8/2020) di aula dinas tersebut.

PARA finalis yang ikut dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Banggai tahun 2020 mengabadikan momen. FOTO: ISTIMEWA

Peserta finalis yang ikut dalam Pemilihan Duta GenRe ini sebanyak 22 peserta. Para peserta mewakili kecamatan dan sejumlah sekolah yang ada di Kota Luwuk.

“Pesertanya, wakil Kecamatan Nuhon satu orang, Bunta satu orang, Pagimana tiga orang dan Nambo satu orang. Selebihnya dari Kota Luwuk mewakili sekolah-sekolah seperti SMAN 1 Luwuk, SMAN 3 Luwuk, MAN Banggai dan Untika Luwuk,” ujar I Wayan Suartika.

Proses pemilihan diawali dengan pendaftaran peserta yang dilaksnakaan 13 Agustut 2020. Dilanjutkan dengan tes tertulis dan wawancara. Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi para finalis pada Minggu pagi sampai siang dengan materi yang telah disiapkan sebelumnya.

KADIS I Wayan Suartika dan sejumlah lainnya foto bersama dengan peserta juara satu Pemilihan Duta GenRe Banggai tahun 2020. FOTO: ISTIMEWA

Untuk malam puncak atau Grand Final dilaksanakan pada Minggu malam (23/8/2020) dengan rangkaian penetapan lima besar, dilanjutkan tiga besar dan penetuan juara satu putra putri. Di mana peserta yang meraih juara satu berhak mewakili Kabupaten Banggai pada ajang Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Sulteng. Rencananya pemilihan tingkat provinsi ini digelar di bulan September.

Kadis Wayan Suartika menjelaskan, dalam pemilihan Duta GenRe untuk putra, Achmad Syahrul Ramadhan terpilih sebagai juara satu, Mohammad Gilang Ramadhan juara dua, Felix Parengkuan juara tiga dan Rizaldy Adam. Sedangkan untuk putri, Siti Attiyah berhasil meraih juara satu, Dian Kinasih juara dua, Dwi Sadhilla juara tiga, Siti Dahlia juara empat dan Nur Nurul Reza juara lima.

PARA peserta atau finalis mengabadikan momen usai Pemilihan Duta GenRe Banggai tahun 2020. FOTO: ISTIMEWA

Pemilihan Duta GenRe ini kata Kadis Wayan, merupakan kegiatan rutin BKKBN setiap tahun. Di mana GenRe adalah Generasi Berencana yang merupakan program unggulan Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN. Sasaran Duta GenRe ini adalag para remaja di usia 10 sampai 24 tahun.

Duta GenRe sendiri memiliki tugas sebagai mitra BKKBN dalam menyebarkan program BKKBN untuk mewujudkan tujuannya yaitu mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Remaja sebagai calon keluarga, mesti memiliki pemahaman tentang keluarga, pengasuhan keluarga sehat, kesehatan dan gizi remaja, seksualitas, penyalahgunaan NAPZA dan penyakit menular seksual dan lain-lain. JAD

Pos terkait