Absensi Digital Syarat Pencairan Tunjangan Sertifikasi

  • Whatsapp
Sukriyadi Lalu

BANGGAI RAYA- Kepala Bidang Pembinaan Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Sukriyadi Lalu menegaskan, pencairan tunjangan sertifikasi guru tahap III akan menggunakan absen digital.

Selama ini, pencairan tunjangan sertifikasi guru menggunakan absen manual. Absen manual bisa dimanipulasi. Sehingga, harus menggunakan absen digital, seperti yang diterapkan SMPN 3 Luwuk dan SMPN 6 Luwuk.

“Salah satu instrumen yang saya mau tekankan pada pencairan sertifikasi, dengan menggunakan absen digital. Dengan harapan SMPN 2 Luwuk dan SMPN 1 Luwuk di dalam Kota Luwuk, dan SMP yang menjadi panutan bisa mencontohi itu. Kenapa sekolah lain tidak bisa, sedangkan ada sumber dana BOS. Nah kalau ada, saya kira guru-guru yang nakal tidak bisa memanipulasi data absensi. Sekira Juli, Agustus dan September 2020 pencairan tunjangan sertifikasi guru,” tekan Kabid GTK, Sukriyadi Lalu kepada Banggai Raya, di Luwuk belum lama ini.

Dia mengaku, sedang menyiapkan instrumen pencairan tunjangan sertifikasi TW III yang sudah agak komplit. Akan meminta laporan Luring, dengan foto kunjungan serta video, itu menjadi lampirannya. Dan yang tidak memiliki lampiran tersebut, maka tidak akan dicairkan sertifikasinya.

Dasar pencairan sertifikasi kata dia, setiap guru dan kepala sekolah harus memiliki itu. Guru melapor kepada kepala sekolah, kepala sekolah ke pengawas, dan pengawas ke dinas pendidikan, dalam hal ini bidang GTK.

“Semua berantai, itu sebagai acuan. Kalau dari guru, yaitu pembelajaran Daring dan Luring, kemudian kepala sekolah laporannya, bagaimana manajemen dalam memantau gurunya yang ikut melaksanakan Daring dan Luring. Itu laporan kepala sekolah ke pengawas, dan pengawas melihat dari sekian sekolah binaannya, yang menjadi cakupan berdasarkan SK Kadis pendidikan, seperti apa pengawasannya disana. Nah itu yang dilaporkan ke dinas, karena pengawas juga terima sertifikasi. Sama-sama dapat, jadi seperti itu,” pungkasnya. RUM

Pos terkait