Abdimas di Pagimana, Dosen UMLB Harap ‘Bondat Maima’ Mampu Kembangkan Usaha

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Beberapa waktu lalu, dua dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) di Desa Bondat, Kecamatan Pagimana.

Abdimas itu menyasar pada kelompok usaha ‘Bondat Maima’ di kecamatan tersebut. Dan kegiatan ini, didanai kampus hijau UMLB.

Bacaan Lainnya

Dua dosen yang melakukan Abdimas itu adalah Ratmi Rosilawati, dan almarhum Sri Ningsi, yang lalu menjabat Wakil Dekan II Fakultas Teknik di kampus hijau.

“Kami waktu itu melakukan pelatihan pembuatan Karas-karas Pagatan Maleo,” ujar Ratmi Rosilawati yang juga Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UMLB itu, Sabtu (18/9/2021).

Berikan bantuan alat masak dan modal usaha ke Kelompok Usaha Bondat Maima. FOTO: IST

Ia menjelaskan, Karas-karas Pagatan Maleo ini merupakan produk baru yang terbuat dari pisang pagatan. Kemudian dicetak dengan mengenakan cetakan berbentuk Burung Maleo.

“Alhamdulillah sambutan ibu-ibu sangat luar biasa. Mereka menginginkan agar dibantu juga pemasarannya,” katanya.

Dalam Abdimas ini, Ratmi Rosilawati bersama rekannya yang meninggal beberapa waktu itu, juga bemberikan bantuan alat masa. Dan bantuan modal usaha untuk kelompok Bondat Maima.

“Kami berharap kelompok usaha Bondat Maima dapat berproduksi secara kontinyu,” harapnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya siap memberikan pendampingan terutama dalam hal pemasaran produk.

“Kami juga mengajarkan mereka bagaimana cara pengemasan produk yang lebih menarik. Sehingga diminati di pasaran dan masyarakat luas,” tandasnya. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait