7 Fraksi Apresiasi Kinerja Pemda Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– DPRD Banggai menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Banggai tahun 2019, melalui telekonferensi, Selasa (21/4/2020).

LKPj yang disampaikan langsung Bupati Banggai, Harwin Yatim didampingi Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Banggai, Suprapto. Hadir pula Wakil Ketua I DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, Wakil Ketua II DPRD Banggai, Samsulbahri Mang dan para anggota DPRD Banggai serta seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemda Banggai.

Setelah penyampaian LKPj, dilanjutkan dengan penyampaian pandangan tujuh fraksi DPRD Banggai, yakni Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Hanura dan Perindo (PHP), Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP, Fraksi PKS dan Fraksi PAN.

Meski ketujuh fraksi dalam pandangannya pada umumnya menyetujui atau menyepakati LKPj Bupati Banggai tahun 2019 tersebut, namun ada berbagai masukan dan catatan penting yang disampaikan kepada Bupati Banggai, sebagai bahan koreksi ke depannya.

Seperti halnya Fraksi Golkar yang disampaikan melalui juru bicaranya, Irwanto Kulap. Di kesempatannya tersebut, Irwanto Kulap mengingatkan Pemda Banggai terkait dengan menurunnya realisasi pendapat daerah tahun anggaran 2020.

Olehnya, perlu adanya upaya dan terobosan ke depan dari Pemda Banggai untuk lebih meningkatkan pendapatan daerah.

Selain itu, Fraksi Golkar juga meminta perhatian Pemda Banggai terkait dengan berbagai perbaikan sektor lainnya, misalnya sektor pendidikan, infrastruktur, pertanian, nelayan dan sektor lainnya.

Selanjutnya Fraksi Nasdem. Melalui juru bicaranya, Sukri Djalumang. Fraksi Nasdem terlebih dahulu memberikan apresiasi atas upaya dan capaian yang telah dilakukan oleh Pemda Banggai.

“Kami sangat mengapresiasi dengan hasil yang dipersembahkan Bapak Bupati dan Wakil Bupati. Selain telah mendulang berbagai prestasi, juga banyak terobosan yang dilahirkan untuk kepentingan rakyat dan daerah yang kita cintai ini,” kata Sukri.

Hanya saja, di kesempatan itu pula, selain dia meminta realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke depan perlu ditingkatkan, juga terkait dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang perlu diperhatikan. “Sebab, penyaluran tidak tepat sasaran. Di wilayah saya, ada masyarakat yang sampai empat kali menerima, dan masih banyak masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan, tetapi tidak pernah diberikan. Ini mungkin yang perlu ke depannya lebih diperhatikan,” ujar Ketua Komisi II, DPRD Banggai ini.

Sama halnya dengan fraksi PHP. Melalui juru bicaranya, Bahtiar Pasman, fraksi PHP juga memberikn apresiasi atas pencapaian Pemda Banggai saat ini. Akan tetapi, Bahtiar Pasman meminta perhatian Pemda Banggai terkait dengan pemerataan pembangunan di berbagai sektor. “Sehingga masyarakat bisa memperoleh manfaat langsung dengan program pembangunan yang dilakukan oleh Pemda Banggai,” terang Bahtiar.

Hal serupa juga disampaikan fraksi Gerindra dan fraksi PAN. Kedua fraksi ini, melalui juru bicaranya masing-masing, meminta Pemda Banggai untuk lebih memaksimalkan pencapaian di sektor pendapatan daerah.

“Pendapatan daerah kita perlu dan harus sesuaikan dengan analisa ke kedepan terkait dengan sumber-sumber pendapat daerah kita,” ucap juru bicara fraksi Gerindra, Masnawati Muhammad.

Apresiasi terhadap capaian Pemda Banggai saat ini, datang dari fraksi PDIP dan fraksi PKS. Juru bicara kedua fraksi ini pun memberikan apresiasi kepada Pemda Banggai. Dan kedua fraksi ini pun meminta agar capaian yang telah diraih Pemda Banggai saat ini, perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan.

Sementara itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim dalam tanggapanya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan para anggota DPRD Banggai tersebut. “Masukan tersebut akan kami tampung dan menjadikan perhatian kami untuk melakukan perbaikan ke depannya. Nanti kami juga akan menyampaikan tanggapan kami secara tertulis, atas tanggapan teman-teman anggota dewan. Intinya, semua yang kami lakukan, tidak lain untuk kepentingan rakyat dan daerah. Mari bersama-sama kita berbuat untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini ke depan,” tutur Bupati Herwin. URY

Pos terkait