64 Tahun Banggai, Pemda Gelar Pertandingan Olahraga Tradisional

BANGGAI RAYA – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-64 Kabupaten Banggai, Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah Lomba Olahraga Tradisional, Jumat (5/7/2024) di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk.

Mewakili Bupati Banggai, Asisten Administrasi III Setda Banggai Moh. Kamil mengatakan bahwa Ketertarikan dan kecintaan terhadap olahraga tradisional dapat tumbuh ketika mereka merasakan keseruan dan tantangan setiap permainan.

“Kegiatan kejuaraan olahraga tradisional pada hari ini, merupakan suatu usaha dalam meningkatkan budaya berolahraga, agar masyarakat mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan bakat, minat, percaya diri, dan kecintaan terhadap olahraga tradisional,” ujar Kamil.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

Acara ini melibatkan peserta dari berbagai kalangan, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai dan masyarakat umum.

Lomba akan berlangsung selama dua hari mulai 5 hingga 6 Juli 2024.

Jenis olahraga tradisional yang dipertandingan yakni:

  1. Tarik tambang, diikuti 13 regu.
  2. ⁠Patengka, diikuti 26 peserta.
  3. ⁠Sumpit, diikuti 34 peserta.
  4. ⁠Hadang/kalario, diikuti 12 regu.
  5. ⁠Lari karung, diikuti 62 peserta.
BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Asisten Administrasi III Setda Banggai berharap kegiatan ini dapat menciptakan masyarakat yang berprestasi, memiliki kemauan dan kesungguhan untuk ikut serta pada event-event olahraga tradisional ke depan.

Selain olahraga tradisional, rangkaian acara HUT Kabupaten Banggai akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan sosial dan budaya.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Mulai dari donor darah, sunatan massal, pangan dan pasar murah, hingga berbagai kegiatan lainnya yang akan berujung pada malam puncak perayaan pada tanggal 8 Juli 2024.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti langsung oleh Bupati Banggai Amirudin bersama OPD Kab. Banggai dan instansi vertikal, serta masyarakat setempat.**

Pos terkait