34 Santri Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Diwisuda

  • Whatsapp
LULUSAN MAMPU HAFAL ALQURAN HINGGA 13 JUZ

BANGGAI RAYA- Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Hikmah Luwuk menggelar wisuda bagi 34 santri Madrasah Aliyah (MA) untuk penamatan angkatan ke-3, Minggu (22/7/2020) di Hotel Santika Luwuk.

Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 10.00 WITA tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim, Kapolres Banggai, AKBP Satria Adrie Vibrianto, KTU Kemenag Banggai, Zaenal Abidin Alihamu, Anggota Legislatif Provinsi, Sri Atun dan sejumlah tamu penting lainnya.

Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz Lc mewisuda puluhan santri MA. FOTO: ISTIMEWA

Ketua Panitia, Riki Arfandi menuturkan, tujuan pelaksanaan wisuda selain penamatan santri yang telah menyelesaikan pendidikan, juga sebagai upaya refleksi diri yang berkaitan dengan empat kompetensi.

“Yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai, sikap, spiritual dan kompetensi menghadapi perubahan global,” ujarnya.

Pembina Yayasan Bina Ukhuwah, Iswan Kurnia Hasan mengucapkan selamat kepada para santri yang telah diwisuda. Ia berpesan, kejarlah ilmu setinggi tingginya, dan jangan lupa kembali untuk sama-sama membangun Kabupaten Banggai.

Bupati Herwin Yatim, bersama Kapolres AKBP Satria Adrie Vibrianto, KTU Kemenag Banggai, Zaenal Abidin Alihamu, Aleg Provinsi Sulteng, Sri Atun, Ustad Iswan Kurnia Hasan, dan Pimpinan Ponpes KH. Muhammad Muadz Lc mengabadikan momen di acara wisuda. FOTO: ISTIMEWA

“Tetap kembali kepada Kabupaten Banggai tercinta, bersama Bupati untuk membangun Kabupaten Banggai tercinta,” pintanya.

Pimpinan Ponpes Daaarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz Lc., menyampaikan, banyak kesan di wisuda ke 3 kali ini, karena para santri lulus tanpa melaksanakan ujian. Namun ia berharap ilmu yang sudah diberikan selama tiga tahun ini bisa bermanfaat dan dipakai untuk jenjang berikutnya.

Adapun program sekolah lanjutan ke Mesir belum dilaksanakan tahun ini, tetapi dilaksanakan tahun depan. Dan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk kata dia, mempunyai slogan yang sejalan dengan visi misi Pemda, yakni ingin menjadikan Kabupaten Banggai lebih religius.

Santriwati yang diwisuda mengabadikan momen untuk foto bersama. FOTO: ISTIMEWA

“Semoga sukses kedepannya anak-anakku, lalu kembali membangun Banggai yang baldah thayyibah wa rabb ghafur,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim mengungkapkan, sejak pertama dibukanya Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, ia tetap konsisten untuk mengawal dan menyemangati hingga saat ini, karena apa yang menjadi tujuan dari Ponpes sangat mendukung visi dan misi Pemda di pendidikan agama.

“Saya melihat bedanya Ponpes dengan sekolah umum tingkat kedewasaan luar biasa, tingkat mandiri luar biasa, ada nilai tambah bagaimana bisa terkendali dari pengaruh lingkungan, sehingganya kita harus tetap mendorong pendidikan agama di Kabupaten Banggai,” pungkasnya.

Diketahui, 34 santri yang lulus dan diwisuda ini, rata-rata mereka berhasil menghafal Alquran mulai dari 3 Juz hingga 13 Juz. Dan santri dengan hafalan terbanyak mendapatkan penghargaan dari Ponpes Daarul Hikmah Luwuk sebagai bentuk apresiasi. Penghargaan itu pun diserahkan langsung oleh Bupati Herwin Yatim. JAD

Pos terkait