30 Rumah di Desa Awu Terdampak Banjir

BANGGAI RAYA- Akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir ini di wilayah Kabupaten Banggai, mengakibatkan banjir di beberapa tempat, termasuk di Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara.

Hujan deras melanda Luwuk Utara pada Kamis malam (25/6/2020), sehingga mengakibatkan banjir di wilayah dusun 1 dan dusun 2, Desa Awu.

Jumat pagi (26/6/2020) sekira pukul 05.00 subuh, air berasal dari lokasi pegunungan itu, mengakibat 30 rumah teredam banjir. Termasuk lokasi tempat pekuburan umum (TPU) Desa Awu rusak parah, karena dilanda banjir.

Seperti video yang beredar di media sosial postingan akun milik Susi Rantung memperlihatkan suasana para warga Desa Awu sejak pagi hari saling bahu-membahu mengatasi banjir saat melanda desa tersebut.

Plt. Kepala Desa Awu, Ruslan kepada Banggai Raya membenarkan hal tersebut. Kurang lebih pukul 05.00 subuh, banjir melanda Desa Awu. Banjir menerjang dusun 1 dan dusun 2, mulai dari RT 1, RT 2, RT 3, RT 4 dan RT 8.

“Awu lagi banjir ini. Benar dari koala (sungai) mati yang berada di area pekuburan. Begitu juga dengan lokasi pekuburan Desa Awu terkena banjir. Lokasi kuburannya itu rusak berat. Memang karena sumber air-nya dari pegunungan. Ada beberapa kubur yang ikut longsor tanahnya, sudah lubang,” ucap Ruslan saat dikonfirmasi via telepon.

Menurut dia, ini merupakan banjir besar di Desa Awu yang kedua kalinya, setelah pada tahun 2008 silam juga sempat melanda tempat yang sama.

Ia mengatakan, usai kejadian banjir yang melanda desa tersebut, Pemerintah Desa Awu bersama-sama warga langsung membersihkan lumpur secara manual. Dan sejumlah aparat desa melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir.

“Rumah terdampak sementara didata, diperkiraan setelah pagi, saya cek kurang lebih 30 rumah. Ini masih berjalan pendataan karena sempat terhenti, mau Salat Jumat,” tambahnya. RUM

331 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!