3 Paslon Bersyarat Tarung Pilkada Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Voting day Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banggai tahun 2020, tinggal menyisakan beberapa bulan lagi. Tahapan demi tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi, terus berjalan. Bahkan, para calon kandidat pun tengah mempersiapkan diri untuk bertarung, termasuk mempersiapkan syarat pencalonan 20 persen keterwakilan kursi partai politik di lembaga dewan.

Sejauh ini, ada empat paket pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai yang muncul di ajang perebutan kursi orang nomor satu di Kabupaten Banggai. Mereka adalah Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar), Samsulbahri Mang-Heppy Yeremia Manopo (B’Heppy), Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM) dan Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU).

Hanya saja, dari keempat paket pasangan tersebut, baru tiga paket pasangan yang dipastikan siap tarung di kontestasi Pilkada tahun ini. Yakni, Winstar, AT-FM dan HATIMU. Sementara B’Heppy kandas sebelum bertarung, karena hanya mengantongi 6 kursi keterwakilan di lembaga dewan, minus satu kursi untuk memenuhi kuota 20 persen.

Hal itu bisa dilihat dengan capaian dukungan partai politik masing-masing paket pasangan calon bupati/ wakil bupati Banggai tersebut, sebagaimana yang disyaratkan lembaga penyelenggara pemilu, yakni minimal dukungan 7 kursi dari partai politik atau koalisi (gabungan) partai politik.

Seperti halnya Winstar. Paket ini telah mengantongi sebanyak 14 kursi dari gabungan tiga partai politik. Yakni, PDI Perjuangan (10 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (3 kursi) dan Partai Perindo (1 kursi).

Kemudian AT-FM. Paket ini pula telah memenuhi syarat pencalonan kepala daerah 20 persen, dengan total 8 kursi dari gabungan dua partai politik. Yakni Nasdem (6 kursi) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2 kursi).

Berikutnya HATIMU. Paket ini pun telah berhasil mengumpulkan total 7 kursi dari gabungan dua partai politik. Yakni Partai Gerindra (4 kursi) dan Partai Amanat Nasional (3 kursi).

Sedangkan paket pasangan B’Heppy, sejauh ini baru mengantongi sebanyak 6 kursi dari gabungan dua partai politik, yakni Partai Golkar dan Partai Hanura.

B’Heppy tentunya harus mengumpulkan satu kursi lagi untuk bisa memenuhi syarat pencalonan 20 persen tersebut, agar bisa menjadi kontestan di Pilkada kali ini. Sementara tak ada lagi partai politik pemilik kursi di dewan, karena semua sudah terdistribusi di pasangan calon lain.

Meskipun peluang maju kemungkinan kecil, karena minus satu kursi, namun Samsulbahri Mang menegaskan, bahwa dirinya yakin akan bertarung sebagai calon bupati Banggai di Pilkada kali ini.

“Intinya saya siap maju, titik!,” singkat Ketua DPD I Partai Golkar Banggai itu di kantor DPRD Banggai. URY

Pos terkait