3 M Efektif Cegah DBD dan Mudah Dilakukan!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Untuk mencegah dan memberantas sarang nyamuk penular demam berdarah dengue atau DBD, masyarakat diimbau untuk melakukan ‘3 M’ plus. Tiga M ini dinilai efektif dan mudah dilakukan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai, dr. I Wayan Suartika kepada Banggai Raya, Selasa (7/6/2022) mengatakan, 3 M yang dimaksud adalah pertama membersihkan dan menguras semua tempat penampungan air, baik di dalam maupun di luar rumah minimal seminggu sekali secara berkesinambungan.

Bacaan Lainnya

Kedua, menutup rapat tempat penampungan air. Kemudian, memperhatikan lingkungan dengan mengubur atau menimbun barang bekas yang dapat digenai air hujan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu mengganti air vas bunga, minuman burung dan tempat lainnya seminggu sekali. Perbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar atau rusak, pencahayaan dan ventilasi ruangan atau kamar memadai.

Kemudian, warga juga diminta agar tidak membiasakan menggantungkan pakaian di dalam rumah, gunakan obat nyamuk, dan lainnya untuk mencegah gigitan nyamuk.

Untuk mengantisipasi penularan DBD, imbauan ini pun disebarluaskan melalui puskesmas-puskesmas hingga kelurahan. Seperti Puskesmas Simpong, yang meneruskan imbauan ini ke pemerintah kelurahan setempat.

JUMLAH KASUS DBD

Kadinkes Banggai, dr. I Wayan Suartika mengatakan, kasus penularan DBD di daerah ini tidak begitu tinggi hanya saja ada tambahan kasus di beberapa puskesmas. Tentunya ini harus diwaspadai, dan perlu dicegah sedini mungkin.

“Tidak tinggi, hanya ada tambahan kasus di beberapa Puskesmas, misalnya Puskesmas Toili 2, ada enam kasus bulan lalu. Kemudian Luwuk, tiga kasus, Luwuk Selatan 2 kasus, Pagimana, Lobu, dan Nambo, masing-masing satu kasus,” kata dr. I Wayan Suartika.

Selama bulan Mei 2022 ini kata dr. I Wayan Suartika terdapat 14 kasus DBD. Olehnya, perlu antisipasi sejak dini untuk mencegah penularan demam berdarah tersebut. “Iya konsep 3 M ini sebenarnya sangat efektif untuk mencegah DBD dan juga mudah dilaksakan,” tandasnya. JAD

Pos terkait