27.364 KPM di Banggai Mulai Terima Bantuan Beras

BANGGAI RAYA- Upaya mengurangi pengeluaran Penerima Bantuan Pangan, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili resmi meluncurkan Penyaluran cadangan beras pemerintah, bertempat di Kantor Bupati Banggai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Senin (29/1/2024).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai bersama Perusahaan Umum Bulog Kantor Cabang Luwuk Banggai merupakan penyelenggara dari kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

Kepala Dinas Ketapang Alfian Djibran saat menyampaikan laporan mengatakan bahwa bantuan cadangan beras ini berasal dari cadangan pangan pemerintah.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

“Dan Alhamdulillah Kabupaten Banggai termasuk salah satu kabupaten yang paling cepat menyalurkan bantuan ini,” tutur Kepala Dinas Ketapang, Alfian Djibran.

Kepala Dinas Ketapang menjelaskan bahwa Bulog bersama pemerintah daerah akan menyalurkan kepada 27.364 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di 24 Kecamatan Kabupaten Banggai selama 6 bulan per KPM.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili menyampaikan bahwa masalah pangan ini tentu merupakan masalah yang sangat mendasar dalam kehidupan masyarakat.

“Oleh karenanya yang paling utama di sini adalah bagaimana penyaluran ini betul-betul sesuai dengan data yang sudah kita tetapkan, agar penyaluran ini betul-betul menyasar kepada Keluarga Penerima Manfaat,” tegas Wabup Furqanuddin.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran bagi penerima bantuan pangan, serta memastikan keberlangsungan akses pangan bagi masyarakat yang membutuhkan.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

“Hal ini dilaksanakan tentu dengan tujuan mengatasi inflasi, ini sangat luar biasa, enam bulan kedepan muda-mudahan lonjakan harga pangan kita akan teratasi,” harap Wabup Furqanuddin.

Program ini bukan hanya merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam membangun ketahanan pangan yang berkelanjutan di Kabupaten Banggai. **