24 ODP Sembuh, 7 PDP Tunggu Hasil Swab

  • Whatsapp
LAPORAN TIM GUGUS COVID-19 BANGGAI

BANGGAI RAYA- Jumlah warga di Kabupaten Banggai yang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP) atau orang yang memiliki gejala demam dan batuk serta pernah melakukan perjalanan ke kawasan yang sudah terpapar virus corona (Covid-19) terus mengalami penurunan.

Dari rilis Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai sebagaimana disampaikan juru bicaranya Nurmasita Datu Adam, Selasa (21/4/2020), jumlah ODP yang tercatat di Kabupaten Banggai sebanyak 33 orang.

Namun dari jumlah tersebut, 24 diantaranya sudah selesai dilakukan pemantauan selama 14 hari dan dinyatakan sehat oleh tim medis.

Sementara jumlah ODP yang belum sembuh sebanyak 5 orang dan terus dipantau kesehatannya oleh tim medis di Kabupaten Banggai.

Terkait dengan 7 pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan Masama yang masuk rumah sakit Luwuk sejak pekan lalu, hingga kini masih menunggu hasil pemeriksaan swab atau sampel usap tenggorokan yang dilakukan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes di Makassar. Sebelumnya kata Nurmasita, 7 PDP yang merupakan satu keluarga itu sudah menjalani rapid tes dan hasilnya negatif corona.

Menurut Nurmasita, petugas medis juga telah melakukan pemeriksaan rapid tes terhadap keluarga yang sempat melakukan kontak erat dengan PDP bukan Covid-19 yang meninggal di Puskesmas Nambo. Hasil rapid tes terhadap 11 orang itu seluruhnya negatif corona.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai Herwin Yatim yang juga Bupati Banggai menghimbau seluruh warga agar tetap di rumah, dan bila beraktivitas di luar rumah agar selalu menggunakan masker. Warga juga diminta untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, demi menghindari penyebaran virus corona. Pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat ini, diyakini akan menjadi penangkal ampuh penyebaran Covid -19. DAR

Pos terkait