205 Calon Jamaah Haji Banggai

BANGGAI RAYA- Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Tahun 1441 Hijriyah/2020 Masehi yang berangkat menunaikan ibadah ke Arab Saudi sebanyak 205 orang. Dan 205 calon jamaah haji tersebut telah melunasi biaya ongkos haji sebesar Rp38 juta lebih.

Kepala Seksi Umrah dan Haji, Kementerian Agama Kabupaten Banggai, H. Suardi Kandjai mengatakan, kuota calon jamah haji Kabupaten Banggai di tahun 2020 ini sebanyak 205 orang. Itu sesuai dengan data pendaftaran yang ada di seksi umrah dan haji Kemenag Banggai.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

Biaya haji kata dia, telah dilunasi oleh seluruh calon jamaah haji Banggai. Para CHJ akan mengikuti kegiatan manasik haji yang dilakukan oleh Kemenag Banggai, serta CHJ tinggal menunggu waktu keberangkatan.

Menurut dia, dengan kondisi Pandemi Covid-19 melanda dunia ini, Kemenag RI hanya memerintahkan Kemenag kabupaten/kota untuk melakukan pemeriksaan kesehatan serta pelunasan biaya haji bagi para calon jamaah haji.

“Sekarang hanya perintah dari Kemenag RI, yaitu melakukan pengercekan kesehatan dan pelunasan dana calon jamaah haji, belum ada perintah yang lainnya. Rencana hari ini, (Selasa kemarin) kami akan berangkat ke Palu, membawa dokumen haji, hanya takut, jangan sampai terjangkit. Biar nanti dikirimkan secara online, jadi mereka tinggal mengambil fisiknya,” kata H. Suardi Kandjai kepada Banggai Raya, di ruang kerjanya, Selasa (21/4/2020).

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

“Pelunasan biaya haji diperpanjang. Sebelumnya batas pembayaran sampai tanggal 21 April 2020, tiba-tiba ada perubahan sampai dengan tanggal 30 April 2020. Karena situasi ini, maka ditambahkan waktunya. Alhamdulillah, semua sudah lunas,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Sementara itu, salah seorang CJH Kecamatan Batui, Nawirah, merasa bersyukur karena dia bersama warga Batui lainnya akan segera menunaikan ibadah haji tahun 2020. Dan namanya telah terdaftar bersama dengan 205 calon jamah haji Kabupaten Banggai.

“Ada sekitar 53 orang dari Batui yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Kami juga akan berangkat bersama-sama dengan pak Sofyan Datu Adam bersama istrinya dan pak Jamal Mansoba. Insya Allah, tidak ada halangan di bulan Juli 2020, kami akan berangkat,” cetusnya. RUM