2021, Target 70 Persen Vaksinasi Tercapai

PELAJAR di Toili antusias jalani vaksinasi Covid-19. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Komitmen Pemda Banggai mengejar target pencapaian vaksinasi patut diapresiasi. Pencapaian persentase di atas 50 persen target vaksinasi warga dapat menghantarkan daerah ini turun ke level terendah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berdasarkan data laporan update vaksinasi Covid per tanggal 13 Desember 2021 bahwa jumlah warga yang telah divaksin lengkap telah menembus angka 66.815 orang atau 25 persen dari total sasaran 263.490 jiwa. Sedangkan yang telah menjalani vaksin tahap satu berjumlah 136.945 orang atau 52 persen.

Pencapaian persentase demikian sebut Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka harus terus digenjot. Bahkan, sebelum 31 Desember 2021, pencapaian vaksinasi telah menunjuk 70 persen. Penegasan Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka itu diungkapkan di momen rapat koordinasi dan evaluasi (Rakor) dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai di salah satu hotel di Luwuk, Senin (13/12/2021).

BACA JUGA:  Cegah Demam Berdarah, Poskesdes Boyou Lakukan Abatisasi

Demi pencapaian target 70 persen itu, Bupati Amirudin meminta seluruh perangkat hingga ke struktur paling bawah menyosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus itu. “Saya mengharapkan kepada setiap puskesmas untuk mendata dengan baik sebelum dikirim ke pusat,” tekan Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Ahmad Ali Tinggalkan AT, Dukung Anti Murad

Bagi para camat dan kepala puskesmas yang berhasil mencapai persentase vaksinasi, Bupati Amirudin akan memberikan reward.

Sementara itu, Kapolres Banggai, AKBP Yoga Priyahutama menekankan agar para kapolsek bersinergi dengan camat dan Danramil dalam mengarahkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Saya harap sebelum akhir tahun 2021 ini untuk setiap kecamatan agar tetap meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin,” terang AKBP Yoga.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres menyebutkan bahwa dalam setiap gerai vaksinasi dibutuhkan dua dokter sehingga dalam melakukan vaksin dapat saling bergantian. “Saya mengharapkan untuk data harus disingkronkan terlebih dahulu sebelum dilaporkan ke pusat,” pinta AKBP Yoga.

BACA JUGA:  Amirudin 'Restui' Pengumpulan KTP Dukungan untuk Pilkada Banggai

Dengan hasil yang telah ada saat ini wilayah Kabupaten Banggai masih berada pada urutan ke 6. “Untuk itu kita harus bisa sama-sama meningkatkan pencapaian setiap harinya,” harap AKBP Yoga.

Sedangkan Dandim 1308 LB, Letkol Inf.Dony Gradinand mengatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan kepada seluruh Danramil agar bekerja sama dengan kecamatan untuk mewujudkan pencapaian vaksinasi.

“Kita harus berusaha dan bekerja sama untuk mencapai target sebelum pergantian tahun,” ucapnya. (*)

Penulis: Sutopo Enteding

Pos terkait