183 Jamaah Haji Kloter 9 Tiba di Luwuk, 1 Jamaah Masih Dirawat di Rumah Sakit Mekkah

BANGGAI RAYA-Sebanya 183 jamaah haji Kabupaten Banggai yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9, tiba di Luwuk pada Kamis malam (20/7/2023) dan diterima Wabup Furqanudin Masulili.

Berdasarkan laporan PPIH Banggai, masih ada 1 jamaah Kabupaten Banggai dari kloter 9 bernama Yunara Usman Matorang yang tengah mendapatkan perawatan di satu Rumah Sakit di Kota Mekkah Arab Saudi, karena sedang sakit.

Saat menerima kedatangan jamaah kloter 9 Kabupaten Banggai itu di Masjid Agung Annuur, Wabup Furqanuddin atas nama Pemda Banggai, mengucapkan selamat datang dan selamat tiba kembali di tanah air, khususnya tiba di Kabupaten Banggai.

Furqanuddin mengucapkan terima-kasih kepada jamaah haji Kabupaten Banggai, karena selama melaksanakan ibadah haji di tanah-suci di musim haji tahun 2023 ini, jamaah haji Kabupaten Banggai telah merujuk pada hal-hal yang yang menjadi panutan. “Kita tidak mendengar peristiwa-peristiwa yang disebabkan oleh jamaah haji asal Kabupaten Banggai,” ujarnya. Wabup berharap, sekembalinya dari tanah-suci, para jamaah haji akan mewarnai dan memberi contoh serta menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA:  Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, DSLNG Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara

Sementara itu saat memberikan pesan dan kesan, Soffian Datu Adam yang juga Kepala BPKSDM Kabupaten Banggai menyampaikan bahwa seluruh jamaah haji Kabupaten Banggai mengucapkan terima-kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah menfasilitasi transportasi. Terjadi diskusi antar kloter, termasuk kloter-kloter dari Kalimantan saat berada di embarkasi tentang hal ini. Para jamaah haji katanya, bertepatan dengan HUT Kabupaten Banggai, juga mendoakan daerah ini senantiasa maju ke depan, masyarakatnya InsyaAllah sejahtera.

Tentang kekurangan beberapa hal, Soffian Datu Adam berhadap ke depannya, melalui Kementerian Agama, Kabupaten Banggai bisa menyarankan, agar sektor non kloter untuk pengurusan tranportqasi bisa benar-benar maksimal.

BACA JUGA:  SKK Migas Paparkan Capaian Kinerja Semester I 2024, Penerimaan Negara Lampaui Target

Ucapan terima-kasih juga disampaikan kepada Kementerian Agama Kabupaten Banggai dan seluruh Pembimbing Ibadah Haji yang telah membekali seluruh jamaah pada saat manasik. “Alhamdulillah, semua itu terlaksana di lapangan dan benar-benar bisa diikuti oleh seluruh jamaah,” tutup Sofian Datu Adam mengakhiri kesan dan pesan singkatnya.

Hal yang dirasa mengharukan setibanya di Luwuk, jamaah haji Kabupaten Banggai melalui Ketua Kloter 9, memberikan sumbangan sebesar Rp 8.730.000 untuk Masjid Agung An-Nuur Luwuk, dan diterima oleh ta’mir masjid. Sebelumnya saat berangkat, jamaah calon haji asal Kabupaten Banggai saat itu menyumbang untuk masjid embarkasi sebesar Rp17.000.000.

Sebelumnya, Ketua Kloter 9 yang juga Sekretaris PPIH Kabupaten Banggai Aswari A. Nadjir, menyampaikan bahwa selain menanggung biaya transportasi, Pemerintah Kabupaten Banggai juga memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kaitannya dengan transportasi dari Palu ke Balikpapan sekaligus konsumsi jamaah calon haji Kabupaten Banggai selama di embarkasi.

BACA JUGA:  Peringati 10 Muharam, Kemenag Bersama Baznas Banggai Gelar Lebaran Yatim

Untuk jamaah Kabupaten Banggai yang lain, esuai jadwal kata Aswari, pada tanggal 26 Juli 2023 nanti, kloter 15 sebanyak 34 jamaah haji akan berangkat dari Madinah dan tiba di Balikpapan tanggal 27 Juli 2023, dan InsyaAllah tanggal 28 Juli 2023 akan tiba di Luwuk. Sementara itu jamaah haji asal Kabupaten Banggai yang tergabung di kloter 20 akan berangkat dari Madinah tanggal 2 Agustus 2023 dan tiba di Balikpapan tanggal 3 Agustus 2023.**

Pos terkait