15 Lapak Kafe di Kilo Lima Dibongkar

BANGGAI RAYA– Awal pekan ini, sebanyak 15 unit kafe atau lapak makanan di lokasi wisata Permandian Kilometer 5, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan mulai dilakukan pembongkaran.

Pasalnya, lokasi tersebut akan dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai tempat Destinasi Wisata Termegah di Luwuk Banggai.

Hingga Rabu (9/8/2023) kemarin, pemilik lapak atau kafe yang diawasi oleh Pemerintah Kelurahan dan Babinsa Maahas telah selesai melakukan pembongkaran.

Babinsa Kelurahan Maahas, Serma Okto mengatakan, sebanyak 15 unit bangunan kafe yang terkena proyek pembangunan Destinas Wisata di lokasi Permandian Kilo 5, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan telah dilakukan pembongkaran

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Pembongkaran telah dilakukan, sudah ada satu Minggu ini, mereka membongkar. Mereka yang bongkar sendiri, agar kayu dan papannya tidak rusak, supaya bisa dipakai untuk membangun kembali,” kata Serma Okto kepada Banggai Raya, di lokasi Permandian Kilo 5, Luwuk Selatan.

Menurut dia, sebanyak 15 warga pemilik kafe yang terdampak proyek pembangunan Destinasi Wisata Termegah Tahun 2023 ini akan direlokasikan ke Terminal Kilo 8, Kelurahan Tanjung Tuwis, Luwuk Selatan.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Mereka direlokasikan ke Terminal Kilo 8 bergabung dengan pedagang Pasar Simpong. Itu sudah disediakan oleh Pemda Banggai,” ujarnya.

Pembongkaran ini segera dilakukan kata dia, karena pelaksanaan proyek pembangunan tersebut akan segera dimulai, karena barang-barang seperti material pasir, batu dan lain sebagainya akan segera diturunkan di lokasi ini.

“Mungking besok atau lusa selesai pembongkaran, tinggal tiang-tiang lapak yang mereka akan cabut,” ujarnya.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Termasuk sambung Serma Okto, jaringan listrik telah dilepas, artinya pembongkaran lapak-lapak warung makan atau kafe di Kilo 5, Luwuk Selatan telah selesai dilakukan.

“Pemerintah kelurahan berharap pembongkaran lebih cepat, lebih lebih bagus,” tegasnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kelurahan Maahas dan Kecamatan Luwuk Selatan akan segera melakukan pembersihan di lokasi tersebut.
“Akan dilakukan pembersihan, kami akan bersih-bersih atau sapu-sapu. Kalau sudah ada papan proyek, maka sudah akan dikerjakan pembangunan Destinasi Wisata Termegah di Luwuk Banggai,” pungkasnya. RUM