13 Pasien Covid Banggai Sembuh

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Enam pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Luwuk kembali dinyatakan sembuh, setelah dua kali pemeriksaan swab hasilnya negatif. Mereka kini telah dipulangkan ke rumah. Dengan demikian, total jumlah pasien covid yang dinyatakan sembuh sebanyak 13 orang, dari 18 orang yang dinyatakan positif covid. Sementara sisanya lima pasien covid dipulangkan dan menjalani isolasi mandiri di rumah, karena kondisi mereka yang sudah tanpa gejala.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam dalam rilisnya, Rabu (15/7/2020).

Tim gugus kata dia, telah menerima hasil pemeriksaan sampel swab dari Laboratorium Kesehatan Palu, sehingga ada enam pasien yang dinyatakan sembuh dan kemudian dipulangkan ke rumah.

Keenam pasien covid yang dinyatakan sembuh itu berasal dari  Kecamatan Luwuk 1 orang, Kecamatan Luwuk Timur 1 orang, Kecamatan Lamala 1 orang, Kecamatan Balantak Selatan 1 orang dan Bunta 2 orang. Praktis sudah tak  ada ada lagi pasien covid dari lima kecamatan tersebut.

Sementara lima pasien yang masih dinyatakan positif kata dia, juga telah dipulangkan ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri, karena kondisi mereka tanpa gejala. Lima pasien ini berasal dari Luwuk Selatan sebanyak 3 orang dan Toili 2 orang.

“Hari ini 5 pasien terkonfirmasi namun tanpa gejala, dipulangkan untuk lanjut isolasi di rumah,” jelas Nurmasita. Menurut dia, petugas kesehatan akan terus melakukan pemantauan terhadap lima pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah tersebut.

Walau demikian, ia tidak menjelaskan secara rinci pola pengawasan terhadap mereka yang masih positif covid dan menjalani isolasi mandiri di rumah agar benar-benar mematuhi ketentuan isolasi tersebut.

Berdasarkan data sebelumnya, jumlah pasien Covid-19 di Banggai sebanyak 18 orang dan tujuh orang telah dinyatakan sembuh. Dengan kembali sembuhnya enam orang pasien covid, maka total jumlah warga yang positif covid dan dinyatakan sembuh sebanyak 13 orang. Sementara sisanya sebanyak lima orang yang masih positif, kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Meski jumlah penderita covid terus menurun dan telah mengalami kesembuhan, bupati yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai, Herwin Yatim, tetap meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas, seperti kewajiban menggunakan masker dan menjaga jarak antar sesama warga. Di masa new normal atau tatanan hidup baru kata dia, warga diperkenankan melakukan berbagai aktivitas, namun tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan. DAR

Pos terkait