102 Warga Honbola Terima Sertifikat TORA

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional ( ATR/BPN) Kabupaten Banggai menyerahkan sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada Pemerintah Desa Honbola untuk 102 kepala keluarga (KK) dengan luasan tanah 102 hektare.

Kepala Desa Honbola, Rojes Kutondong kepada Banggai Raya, Sabtu ( 5/8/2020) pekan kemarin mengatakan, TORA sendiri merupakan program pemerintah pusat untuk memberikan sertifikat tanah kepada seluruh masyarakat yang memiliki tanah tapi belum bersertifikat. 

“Kita ingin nantinya program ini dapat menjangkau pemerataan ekonomi di Desa Honbola yang berkeadilan. Semoga ini semua dapat terwujud, dana sudah ada, pemerintah pusat juga mendukung,” ujar Kades Rojes Kutondong.

Rojes menganjurkan masyarakat untuk mendaftarkan atau membuat sertifikat tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebab, belum adanya jaminan kepastian hukum atas kepemilikan tanah seringkali menjadi pemicu sengketa dan konflik di tengah masyarakat. “Sertifikat menjadi sangat penting untuk bukti kepemilikan atas tanah tersebut,” tekannya. AGK

Pos terkait