100 Rumah Tak Layak Huni di Toili Dapat BSPS

Bupati: Ini Wujud Kepedulian Pemerintah

BANGGAI RAYA- Sebanyak 100 rumah tak layak huni di Kecamatan Toili mendapatkan bantuan perbaikan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ke-100 rumah itu tersebar di sejumlah desa yakni Desa Mulyasari, Desa Tohiti Sari, Desa Tirta Jaya, Desa Mekar Kencana, dan Desa Sari Buana.

Kamis (15/10/2020) pekan lalu, Bupati Banggai, Herwin Yatim menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada masyarakat Toili bertempat di Balai Desa Mulyasari, Kecamatan Toili.

Ketahui, BSPS merupakan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Ini untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru, rumah beserta prasarana, sarana dan utilitasnya.

Beberapa kriteria penerima BSPS antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berkeluarga, memiliki tanah yang ditandai dengan bukti kepemilikan tanah yang sah, tinggal di rumah satu satunya dalam kondisi tidak layak huni atau belum memiliki rumah, belum pernah mendapatkan BSPS atau bantuan sejenisnya, memiliki penghasilan maksimum sesuai Upah Minimum Provinsi, dan bersedia melaksnakan dengan berswadaya, berkelompok, dan tanggung renteng dalam menyelesaikan pembangunan rumah.

Pada kesempata itu, Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim,MM., mengatakan, BSPS ini merupakan wujud perhatian pemerintah, baik itu pemerintah, baik pemerintah pusat maupaun pemerintah daerah kepada masyarakat dalam bentuk bantuan rumah swadaya atau lebih dikenal dengan bedah rumah.

“Saya mengapresiasi Disperkimtan yang telah menindaklanjuti sesuai arahan kami selaku pimpinan daerah dalam melaksanakan visi misi kami. Hal itu dibuktikan dengan masifnya bantuan stimulus perumahan yang Kabupaten Banggai dapatkan dari Kementerian PUPR. Insya Allah pada dokumen anggaran perubahan ini kita mendapatkan kurang lebih 1.000 stimulus bantuan perumahan,” ujarnya.

Ia berharap, semoga BSPS ini dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan perumahan, dan meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih sehat dan nyaman.

Diketahui, kegiatan itu turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Kadis Perkimtan, Maryam Salat bersama jajarannya, Kadis PMD, Amin Jumail, Kabag Humas Setda Banggai, Ferry R. ledder, Kabag Humas Setda Banggai, Ferry R. Ledder bersama staf, Camat Toili bersama jajarannya, Camat Moilong, Camat Batui Selatan, Kepala KUA Toili, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda dan masyarakat penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya. JAD/*

355 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!