100 KK di Desa Awu Terima BLT-DD

BANGGAI RAYA- Pemerintah Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 100 kepala keluarga (KK) terdampak Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang bersumber dari dana desa (DD) tahun 2020. Penyerahan BLT itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim, di halaman Kantor Desa Awu, Kamis (21/5/2020).

Tutur dihadiri Wakil Bupati, Mustar Labolo, Camat Luwuk Utara, Ripodi Penak, Sekcam Luwuk Utara, Babinsa dan Babhinkantibmas serta warga Desa Awu penerima BLT.

Plt. Kepala Desa Awu, Ruslan kepada Banggai Raya, membenarkan hal tersebut. “Kegiatannya dibuat di jalan depan kantor desa, dengan menggunakan tenda. Sebelumnya, sekira pukul 08.00 pagi, pak bupati menyerahkan BLT di Desa Bumi Beringin, dan di Desa Awu sekira pukul 10.00. Kami melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protokoler kesehatan Covid-19. Iya, semua warga yang hadir menggunakan masker, terus social distancing (jaga jarak) serta cuci tangan sebelum duduk,” kata Ruslan melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Pada kesempatan itu kata dia, Bupati Herwin Yatim mengajak kepada seluruh warga untuk selalu menjaga kebersihan, serta mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah, seperti tinggal di rumah, selalu mencuci tangan dan menggunakan masker kalau keluar rumah.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Kemudian Wabup Mustar Labolo juga berpesan kepada warga penerima BLT, agar uang yang diterima bisa bermanfaat, supaya dibelikan ayam, baru dipelihara, agar berkembang. Wabup juga mengajak kepada masyarakat untuk melaksanakan program menanam Baritopis, yaitu bawang, rica, tomat dan pisang. “Tujuannya ketika wabah berlanjut, masyarakat punya ketahanan pangan untuk keluarga,” kutip Ruslan.

Kades berharap, dengan adanya bantuan BLT-DD tersebut bisa meringankan beban masyarakat, di tengah wabah Covid-19. Diketahui bahwa pemerintah telah menganjurkan jangan keluar rumah, untuk tetap tinggal di rumah kalau tidak ada yang penting.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Tentunya hal ini berpengaruh terhadap perekonomian warga. Sehingga dengan adanya bantuan itu, paling tidak dapat mengatasi persoalan ekonomi warga. “Saya selaku pemerintah desa sangat berterima kasih dengan adanya bantuan BLT, artinya dapat meringankan beban masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian masker oleh TP-PKK sebanyak 1000 lembar untuk masyarakat Desa Awu,” tambah Sekretaris Lurah Kilongan Permai ini. RUM