10 Kali Beruntun, Pemkab Banggai Terima Penghargaan WTP

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Predikat Opini Wajar Tanpa Penecualian (WTP) kembali disematkan Badan Pemeiksa Keuanan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah kepada Pemerintah Kabupaten Banggai. Penyerahan Piagam WTP bertempat di Ruang Pers Lantai 1 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (20/5/2022).

Opini WTP terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Banggai tahun 2021, menjadi predikat yang ke sepuluh kalinya sejak tahun 2012. Pengharaan ini menandakan keberhasilan dalam mengelola keuangan daerah.

Bacaan Lainnya

Kepala BPK Sulteng, Slamet Riayadi, mengatakan Hal ini menunjukan komitmen Pemkab Banggai bersama jajaran OPD terhadap kualitas keuangan yang dihasilkan. Dan tentu tidak lepas dari sinergi yang efektif bersama jajaran legislatif.

Ia mengungkapkan bahwa pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkap adanya penyimpangan dalam laporan keuangan. Namun demikian, jika sekiranya ditemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khusus yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkapkan dalam laporan hasil pemeriksaan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Banggai Tahun 2021 telah sesuai standar akuntansi pemerintahan. Untuk itu BPK memberikan opini WTP atas LKPD tahun 2021,” ungkapnya.

Bupati Banggai Amirudin dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada BPK Provinsi Sulteng dan seluuh tim yang telah memberikan predikat WTP kepada Kabupaten Banggai.

“Ini adalah tahun pertama kepemimpinan kami meraih penghargaan WTP. Sebagai Bupati tidak ada alasan untuk tidak menjalankan apa yang menjadi kentuan pemerintah. Karena merupakan visi misi kami yaitu menciptakan Pemerintahan Kabupaten Banggai yang bersih, transparan dan akuntabel,” tuturnya.

Apa yang menjadi catatan atau rekomendasi BPK akan secepatnya ditindaklanjuti. “Apa yang menjadi catatan khusus insya Allah dalam waktu dekat akan kita selesaikan. Penghargaan ini harus terus dipertahankan, karena WTP juga untuk masyarakat Kabupaten Banggai,” ungkap Bupati.

Ketua DPRD Banggai Suprapto menambahkan, penghargaan WTP adalah momentum bersejarah.

“Ini adalah suatu hal yang sangat memberikan kebanggaan dan motivasi kepada kita semua untuk tetap sinergi dalam mendorong terwujudnya pengelolaan dan pelaporan keuangan menjadi lebih baik lagi,” kata Suprapto.

Turut hadir mendampingi Bupati Amirudin, Kepala BappedaLitbang Ramli Tongko, Inspektur/Inspektorat,Imran Suni. Kepala BPKAD ,Marsidin Ribangka. NAL

Pos terkait